09 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Seorang PDP Covid-19 di RSUDZA Banda Aceh Meninggal Dunia

...

  • Fakhrurrazi
  • 23 March 2020 18:30 WIB

Saifullah Abdulgani didampingi Kadis Kesehatan Aceh, dr. Hanif. Foto: Fakhrurrazi/portalsatu
Saifullah Abdulgani didampingi Kadis Kesehatan Aceh, dr. Hanif. Foto: Fakhrurrazi/portalsatu

BANDA ACEH - Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, meninggal dunia, Senin, 23 Maret 2020, sekitar pukul 12.45 WIB.

Pasien tersebut berinisial AA (56) berasal dari Lhokseumawe. Ia sempat dirawat di Rumah Sakit Arun sejak 17 Maret 2020, kemudian dirujuk ke RSUDZA, Jumat, 20 Maret 2020.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani atau SAG. Menurut SAG, pasien tersebut mengalami sesak napas dan meninggal dengan diagnosis akhir, pneumonia (infeksi paru-paru). Pasien tersebut, kata, SAG, juga mempunyai riwayat perjalanan dinas ke daerah Bogor dan Surabaya.

"Pasien mempunyai riwayat perjalanan dinas ke Surabaya dan Bogor. Dalam perawatan rumah sakit prosedur perawatan dilakukan dengan gejala sesak napas. Dilakukan standar penanganan sesuai dengan SOP Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19, pemeriksaan swap juga dilakukan pada hari pertama dan hari kedua," kata SAG saat jumpa pers di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh, Senin, 23 Maret 2020.

Menurut SAG, untuk hasil swap pasien itu masih menunggu dari Balitbang Kemenkes di Jakarta. Sehingga, kata dia, pihaknya tidak bisa mentetapkan pasien tersebut negatif atau positi terjangkit Covid-19.

"Spesimen swap yang kita kirim ke Jakarta di Balitbang Kesehatan belum keluar, sehingga kita tidak bisa menetapkan hasilnya positif atau negatif (Covid-19)," ujar SAG

SAG menyebutkan, Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr. Hanif, terus berkoordinasi dengan Balitbang Kesehatan di Jakarta sejak pasien dinyatakan meninggal dunia, Senin/hari ini, pukul 12.45 WIB di RSUDZA.

"Pak Kadis (Kesehatan) terus berkomunikasi dengan Balitbang Kesehatan di Jakarta, dan memang belum ada hasil," pungkasnya.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.