09 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Setiap Desa Alokasikan Rp 50 Juta Untuk Cegah Corona

...

  • Win Porang
  • 24 March 2020 18:30 WIB

Bupati Gayo Lues, H Muhammad Amru menggelar konferensi pers di Posko Gugus Tugas Penangan Corona [Foto: Win Porang]
Bupati Gayo Lues, H Muhammad Amru menggelar konferensi pers di Posko Gugus Tugas Penangan Corona [Foto: Win Porang]

Selain dana desa, anggaran rapat pemerintah dan dana perjalanan dinas juga dialihkan untuk dana pencegahan virus corona.

BLANGKEJEREN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gayo Lues mengalihkan penggunaan dana desa sebesar Rp50 juta setiap desa untuk pencegahan wabah virus corona.

Pengalihan dana desa tersebut disampaikan langsung Bupati Gayo Lues, H Muhammad Amru, Senin, 23 Maret 2020 saat menggelar konferensi pers di Posko Gugus Tugas Penangan Corona di Balai Musara, Blangkejeren. Selain dana desa, anggaran rapat dan dan dana perjalanan dinas juga akan dipergunakan untuk pencegahan virus corona.

"Itu sesuai dengan intruksi Pemerintah Pusat, kita harus bersama-sama melakukan pencegahan masuknya wabah virus corona, untuk itu kami meminta kepada masyarakat agar menunda rutinitas yang melibatkan banyak orang," kata Amru.

Pengalihan dana desa untuk pencegahan corona itu akan dilakukan melalui rapat dengan 145 kepala desa di Gayo Lues, sehingga penanganan di desa tidak tumpang tindih dengan penanganan di tingkat kabupaten.

"Jadi apakah anggaran itu nantinya digunakan oleh masing-masing desa untuk menyemprot tempat ibadah dan tempat keramaian, itu nanti kita buat regulasinya, yang jelas, kita semua harus semaksimal mungkin bekerja agar virus corona ini tidak masuk ke Gayo Lues," tambahnya.

Menurut Amru, Kabupaten Gayo Lues tidak siap menagani pasien yang terkenak virus corona, untuk itu, pencegahan akan dimasimalkan sebaik mungkin di setiap perbatasan.

"Dokter spesialis kita untuk menagani pasien virus corona ini hanya satu orang, bayangkan saja, jika ada satu pasien saja  yang harus diisolasi, dokter dan perawat yang menagani harus diisolasi, kita benar-benar tidak siap dan harus mengupayakan pencegahan," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Gayo Lues, AKBP Rudi Setiawan mengatakan, TNI dan Polri lebih siap menghadapi musuh di medan tempur ketimbang menghadapi virus yang tidak terlihat, untuk itu, dirinya meminta agar masyarakat dan selalu waspada.

"Tolong jangan sebarkan berita hoax ataupun mengolok-olok petugas, karna ketika virus corona masuk ke Gayo Lues, yang pertama bertemu adalah petugas di perbatasan, jadi kalau ada yang bersikap tidak sopan, maka siapapun dia harus berhadapan dengan saya," tegasnya. [**]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.