30 March 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia

APBK 2020
Setwan Banda Aceh akan Beli Tiga Mobil Dinas, Setwan Lhokseumawe Satu

...

  • Fazil
  • 28 January 2020 14:30 WIB

ilustrasi. Foto: istimewa/net
ilustrasi. Foto: istimewa/net

BANDA ACEH – Sekretariat DPRK (Setwan) Banda Aceh akan membeli tiga mobil dinas dengan total pagu dialokasikan dalam APBK tahun 2020 senilai Rp1,6 miliar lebih. Sedangkan Setwan Lhokseumawe satu mobil dinas Rp426 juta lebih.

Data diperoleh portalsatu.com dari Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) LKPP RI, 26 Januari 2020, dalam RUP Setwan Banda Aceh 2020 terdapat paket ‘pengadaan kendaraan dinas roda 4 mini bus (2 unit)’ dengan pagu Rp1 miliar lebih, dan ‘pengadaan kendaraan roda 4 mini bus (1 unit)’ Rp676 juta. Metode pemilihan penyedia kedua paket itu melalui e-purchasing.     

 

Sedangkan dalam RUP Setwan Lhokseumawe tahun 2020, ada paket ‘pengadaan mini bus’ satu unit dengan pagu Rp426.281.250 (Rp426 juta lebih), metode pemilihan penyedia via e-purchasing.

E-purchasing adalah tata cara pembelian barang/jasa melalui sistem katalog elektronik (e-catalogue). Katalog elektronik merupakan sistem informasi elektronik yang memuat daftar, jenis, spesifikasi teknis dan harga barang/jasa tertentu dari berbagai penyedia barang/jasa pemerintah.

Sekretaris DPRK (Sekwan) Lhokseumawe, Syoeib Chaldun, dikonfirmasi portalsatu.com lewat telepon seluler, Selasa, 28 Januari 2020, mengatakan pengadaan satu minibus itu untuk operasional Setwan. Mobil minibus yang akan dibeli menggunakan APBK Lhokseumawe tahun 2020 dengan pagu Rp426 juta itu jenis Kijang Innova.

“Pengadaan satu mobil itu untuk keperluan operasional sekretariat (Setwan). Sekretariat DPRK sudah lama tidak mengajukan pengadaan mobil mengingat kondisi anggaran daerah selama ini. Pengadaan satu mobil dalam APBK 2020 itu karena memang dibutuhkan untuk operasional kita di sekretariat. Proses pengadaan mobil tersebut melalui e-katalog,” ujar Syoeib.

Sementara itu, portalsatu.com sudah berupaya mengonfirmasi Ketua DPRK dan Plt. Sekwan Banda Aceh, 27 Januari 2020, terkait pengadaan tiga mobil minibus bersumber dari APBK 2020. Namun, keduanya tidak bisa dijumpai. Menurut staf Setwan, Ketua DPRK dan Plt. Sekwan sedang sibuk.

Satu sumber di Setwan Banda Aceh menyebutkan, pengadaan tiga mobil dinas itu masih dalam proses. Direncanakan, tiga mobil yang akan diadakan melalui e-katalog itu nantinya untuk kendaraan operasional Ketua dan dua Wakil Ketua DPRK Banda Aceh.[](Khairul Anwar)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.