22 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Shabela: Rapat dengan Menteri hingga Acara di Luar Negeri, Saya Pakai Kerawang Gayo

...

  • portalsatu.com
  • 12 March 2019 23:30 WIB

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar mengenakan pakaian bercorak Kerawang Gayo. Foto Humas
Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar mengenakan pakaian bercorak Kerawang Gayo. Foto Humas

TAKENGON - Pakaian bercorak Kerawang Gayo dewasa ini semakin marak, tidak hanya terlihat digunakan dalam acara formal tapi juga nonformal.

Bagi Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, menggunakan pakaian bercorak Kerawang Gayo adalah kebanggaan.

Shabela kerab menggunakan Kerawang Gayo dalam menghadiri setiap acara di daerah, terlebih acara pertemuan dengan masyarakat yang bernuansa adat.

Bahkan, untuk acara di level nasional dan international, Shabela tetap setia menggunakan Kerawang Gayo. "Mulai rapat dengan Menteri hingga acara di luar negeri, saya pakai kerawang Gayo," ungkap Shabela ketika melantik Mukim Bebesen Kecamatan Bebesen, Selasa, 12 Maret 2019.

Menurut Shabela yang sudah beberapa kali mengikuti acara Expo Kopi di luar negeri, selain tertarik dengan Kopi Arabika Gayo, pengunjung expo juga terpikat dengan Kerawang Gayo.

"Kadang ada yang hampir sama coraknya dengan salah satu suku di negara lain, seperti di Vietnam dan Taiwan, sedikit saja bedanya," tuturnya.

Shabela mengajak masyarakat untuk terus mempromosikan corak Kerawang Gayo dalam kehidupan sehari-hari, minimal untuk kebutuhan pribadi.

Dipimpin Hairul Salam

Kemukiman Bebesen Kacamatan Bebesen mulai Selasa (12/03) resmi dipimpin Hairul Salam setelah dikukuhkan oleh Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar. Hairul berhasil meraih suara terbanyak saat pemilihan Mukim pada pertengahan Januari lalu.

Camat Bebesen, Arisa Putra mengatakan proses pemilihan hingga pengukuhan Mukim berlangsung lancar dan tidak ada kendala. "Partisipasi dan perhatian masyarakat sangat besar sehingga mulai dari proses hingga pengukuhan Mukim berjalan lancar," ungkap Arisa.

Bupati Shabela menegaskan pentingnya Mukim memposisikan diri sebagai pengayom masyarakat dengan memperkuat adat dan memperkokoh agama. 
"Jadilah teladan yang dapat mempererat kebersamaan di tengah masyarakat berlandaskan agama dan adat istiadat," pesan Shabela.

Terlebih situasi menjelang pemilu serentak 2019, Mukim bersama dengan Camat dan Reje diharapkan dapat mengawal agar situasi tetap kondusif.[](*)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.