16 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Soal Pemberian Honoris Causa untuk Adnan Ganto, Ini Penjelasan Humas Unsyiah

...

  • MHD SAIFULLAH
  • 08 January 2018 10:00 WIB

BANDA ACEH – Kabag Humas Universitas Syiah Kuala Husni Friady mengatakan, pemberian gelar kehormatan Doktor Honoris Causa kepada Adnan Ganto sesuai dengan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2013. Rencananya pemberian gelar tersebut akan berlangsung pada Selasa, 9 Januari 2018.

Husni menjelaskan, pada Pasal 3, salah satu ayatnya menyebutkan bahwa gelar Doktor Honoris Causa diberikan kepada perorangan yang memiliki jasa atau karya yang luar biasa di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, sosial, budaya, kemanusian dan/atau bidang kemasyarakatan.

“Terkait pemberian penghargaan ini kepada Bapak Adnan Ganto, kita tentu mengetahui bagaimana jasa beliau terhadap negara ini, baik sebagai bankir di luar negeri maupun sebagai penasehat beberapa Menteri Pertahanan Indonesia,” ujarnya saat dikonfirmasi portalsatu.com, Minggu malam, 7 Januari 2017.

Dia menjelaskan, kepercayaan yang diberikan kepada Adnan Ganto pada perbankan di luar negeri maupun sebagai penasehat di Kementerian Pertahanan serta ilmu pengetahuan yang dimilikinya, menjadi alasan tersendiri pihak rektorat menyandangkan gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa.

“Atas pertimbangan inilah Senat Universitas Syiah Kuala memutuskan untuk memberikan gelar tersebut kepada beliau,” jelasnya.

“Yang sebelumnya tentu telah dilakukan analisa yang mendalam terhadap karya dan karir dari Pak Adnan Ganto,” jelasnya lagi.

Terkait hal ini, Husni mengatakan telah diputuskan pada rapat senat. Akan tetapi, dia tidak begitu mengetahui kapan rapat tersebut dilaksanakan.

“Benar, penetapannya dilakukan melalui Rapat Senat Universitas,” ujarnya.

“Untuk agenda rapatnya kapan dilakukan, maaf saya tidak tahu, karena anggota senat merupakan unsur Guru Besar, Dekan dan beberapa dosen perwakilan setiap fakultas. Tetapi pada saat kita rapat panitia pelaksanaan kegiatan ini, telah disampaikan nanti coba saya tanyakan dulu, ke Senat ya,” ujarnya lagi.

Sementara itu, salah seorang anggota Senat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Prof Dr Musri M.Sc, mempertanyakan alasan Rektor memberikan penghargaan gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa kepada Adnan Ganto. Dia menilai pemberian gelar terhadap penasehat Menteri Pertahanan Indonesia tersebut kurang tepat.

“Ada SOP untuk memberikan gelar Doktor tersebut. Salah satunya, dia seseorang yang dia misalnya boleh (berkemampuan) dalam bidang seni, pengetahuan, budaya dan lain sebagainya yang seperti itu. Itu harus ada,” kata Musri saat dikonfirmasi portalsatu.com, Minggu, 7 Januari 2018.

Baca: Gelar Doktor Honoris Causa untuk Adnan Ganto Dipertanyakan

Musri mempertanyakan keputusan Unsyiah memberikan gelar kepada Adnan Ganto tersebut. Pasalnya, dia selaku senat juga tidak pernah mendapat undangan rapat apapun terkait hal tersebut. Setelah itu, pengumuman mengenai penetapan gelar ini juga masih baru.

“Nah itu yang belum terjawab," kata Musri.[]

Editor: IHAN NURDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.