21 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia

Di Aceh Utara
Soal Pergeseran Suara Partai ke Caleg Tertentu, DPC Demokrat Tegaskan Tak Tebang Pilih

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 25 April 2019 21:00 WIB

Ilustrasi. Foto: istimewa/net
Ilustrasi. Foto: istimewa/net

LHOKSUKON - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Aceh Utara menyatakan, pihaknya tidak pernah menginstruksikan pemindahan suara partai kepada suara badan caleg tertentu. Seperti yang terjadi di Kecamatan Langkahan, saksi partai tersebut menolak hasil pleno di lima TPS Gampong Buket Linteung karena telah ditemukan pergeseran suara partai ke suara badan Caleg nomor urut 1 tingkat DPRK di Daerah Pemilihan (Dapil) I. 

BacaSaksi Demokrat Komplain Pemindahan Suara Partai ke Caleg Tertentu

"Yang jelas, proses rekapitulasi di tingkat kecamatan kan saat ini sedang berjalan, dan kita dari DPC terutama bidang advokasi dan tim desk kita terus memantau rekapitulasi di kecamatan. Ini kan sedang menuju akhir rekapitulasi di tingkat kecamatan," ujar Kadiv. Advokasi DPC Partai Demokrat Aceh Utara, Wahyu Saputra saat dihubungi portalsatu.com, Kamis, 25 April 2019.

Wahyu melanjutkan, "Cuma, sikap saksi dari Demokrat di Langkahan ini, kami juga tahunya dari media. Seharusnya yang bersangkutan kan lapor dulu ke DPC, dan ini kita sudah tahu di media. Yang jelas, temuan seperti ini akan kita tindaklanjuti. Di tim juga akan kita cek berdasarkan data-data yang ada di DPC. Kemudian akan kita samakan dengan form C1 di TPS yang dipegang di DPC".

Wahyu menegaskan, DPC Demokrat tidak pernah melakukan tindakan yang sedemikian, karena tidak ada keberpihakan kepada caleg tertentu.

"Kita di DPC bersikap yang sama kepada semua caleg yang ada. Jadi, itu yang jelas, tidak ada memihak kepada satu caleg, ataupun suara Partai Demokrat kita bawa ke caleg yang lain, itu tidak ada. Instruksi-instruksi seperti itu tidak ada. DPC tidak ada tebang pilih terhadap caleg. Kita tidak pernah mengintruksikan atau memerintahkan kepada para caleg bahwasannya suara partai harus dibawa ke sini, suara ini harus dibawa ke sana," tegas Wahyu.

Dengan adanya kasus ini, kata Wahyu, pihaknya akan segera menindaklanjuti. "Ini akan segera ditindaklanjuti. Mungkin internal Demokrat juga akan melakukan rapat internal untuk menanggapi isu ini. Yang jelas, proses ini kita percayakan ke teman-teman di kecamatan, termasuk saksi-saksi kita untuk mengawal seluruh proses yang sedang berjalan ini, intinya seperti itu," pungkas Wahyu.[] 

 

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.