18 February 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Spanyol Batalkan Surat Perintah Penangkapan Bagi Separatis Catalonia

...

  • REPUBLIKA
  • 21 July 2018 08:30 WIB

Sekitar 45.000 warga turun ke jalanan di Brussel untuk mendukung kemerdekaan Catalonia pada Kamis, 7 Desember 2017. @ANDOLU AGENCY
Sekitar 45.000 warga turun ke jalanan di Brussel untuk mendukung kemerdekaan Catalonia pada Kamis, 7 Desember 2017. @ANDOLU AGENCY

Keputusan itu diambil setelah Jerman menolak untuk mengekstradisi mantan pemimpin Catalonia

OVIEDO, SpanyolMahkamah Agung Spanyol pada Kamis membatalkan surat perintah penangkapan internasional untuk mantan pemimpin Catalonia, Carles Puigdemont, dan lima politikus separatis lainnya yang melarikan diri ke luar negeri.

Keputusan itu diambil setelah Jerman menolak untuk mengekstradisi Puigdemont ke Spanyol untuk menghadapi dakwaan pemberontakan terkait keinginan Catalonia untuk memerdekakan diri.

Hakim ketua Pablo Llarena mengatakan, pengadilan Jerman menunjukkan "minimnya komitmen" mereka dalam penyelesaian kasus ini dan bertindak tanpa memahami bahwa persidangan sedang berlangsung.

Setelah perintah penangkapan dibatalkan, politikus Catalonia, yang berada di Jerman, Belgia, Swiss, dan Skotlandia, sekarang dapat bergerak bebas di Eropa.

Meskipun begitu, dakwaan atas enam tokoh separatis Catalonia masih berlaku, dan mereka semua akan ditangkap dan diadili jika kembali ke Spanyol.

Beberapa politikus Catalonia yang terlibat dalam penyelenggaraan referendum kemerdekaan dan tidak meninggalkan negara itu, saat ini berada di penjara Spanyol sambil menunggu persidangan.[]Sumber:anadolu agency

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.