09 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Suasana Hari Raya Idul Adha Masyarakat Aceh di Batam

...

  • portalsatu.com
  • 01 August 2020 09:30 WIB

Salah satu meunasah masyarakat Aceh, Meunasah Alwaliyah di Sekupang, Batam. @Yanis
Salah satu meunasah masyarakat Aceh, Meunasah Alwaliyah di Sekupang, Batam. @Yanis

Hari Raya Idul Adha atau hari raya Qurban menjadi satu perayaan yang paling ditunggu umat Islam seluruh dunia. 

Cerita momen perayaan Lebaran Aceh identik dengan silaturahmi berkunjung ke rumah tetangga, keluarga besar, atau rekan. Lalu bagaimana cerita Warga Aceh yang saat ini merayakan lebaran di luar daerah, khususnya Batam.

Cerita menarik datang dari Meunasah Alwaliyah Sekupang, Batam. Ini merupakan sebuah meunasah Aceh dari beberapa meunasah Aceh lainnya yang berada di kota Batam. Meski masih dalam masa pandemi akibat wabah Covid19 yang melanda negeri ini, masyarakat Aceh di Batam tetap melakukan perayaan idul Adha sebagai mana mestinya. 

Walaupun ada perbedaan dengan sebelumnya, tak menyurutkan langkah warga Aceh bersama-sama menuju meunasah untuk melaksanakan shalat eid secara berjamaah. Namun demikian, hal itu tidak terlepas dari protokol kesehatan yang memang sesuai anjuran pemerintah. 

Pelaksanaan shalat ied pada hari raya Idul Adha kali ini berlangsung tertib dengan khatibnya Teungku Muhibuddin yang merupakan ketua Sirul Mubtadin Kota Batam. 

Sehari sebelum lebaran, masyarakat Aceh di Batam juga merayakan hari meugang sebagaimana perayaan itu hanya ada di Aceh. Namun demikian, masyarakat Aceh di Batam tidak membuang tradisi warisan indatu tersebut, mereka tetap mengikuti meskipun di tanah perantauan. 

Juanda, Ketua Masyarakat Aceh Kota Batam menyampaikan bahwa masyarakat Aceh di Batam sangat kompak dalam menjaga persatuan, membangun tempat ibadah, dan menjaga tradisi, apalagi tradisi tersebut berhubungan dengan agama. 

"Menjaga tradisi hari meugang, mendirikan masjid dan Meunasah, serta melaksanakan perayaan Idul Adha secara bersama, menjadi bukti bahwa masyarakat Aceh di Batam mencintai agama serta menjaga tradisi warisan Indatu," ucapnya kepada media portalsatu.com.

Laporan: Yanis, dari Batam.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.