20 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Survei Transparency International Indonesia: Peringkat Indeks Korupsi Indonesia Naik

...

  • PORTALSATU
  • 29 January 2019 20:30 WIB

Ilustrasi. Foto via bisnis.com
Ilustrasi. Foto via bisnis.com

JAKARTA — Transparency International Indonesia merilis Indeks Persepsi Korupsi (IPK) atau Corruption Perceptions Index (CPI) pada 2018. Hasilnya, Indonesia berada di posisi ke-89 dengan skor 38.

Hasil itu naik tujuh tingkat dibandingkan dengan 2017 yang berada di posisi ke-96 dengan skor 37. Artinya, Indonesia tidak sedikit lebih baik maupun lebih buruk dalam hal korupsi. Indonesia terbilang stagnan.

IPK atau CPI sendiri dihitung secara metodologi oleh Transparency International dengan skala 0-100. Angka 0 menunjukkan paling korup, sedangkan angka 100 paling bersih. Adapun total negara yang dihitung adalah 180.

Manajer Departemen Riset Transparency International Indonesia (TII) Wawan Sujatmiko mengatakan dalam skala Asean, Indonesia menempati urutan ke-4 setelah Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura di peringkat pertama.

"Di Asean, Indonesia mendapat peringkat ke-4 dimana naik satu poin dari tahun sebelumnya. Sementara yang paling buncit adalah Kamboja dengan skor 20," katanya dalam pemaparan hasil riset, 29 Januari 2019.

Hasil ini pun sebenarnya relatif baik dibandingkan dengan 10 tahun terakhir. Pada tahun 2010, misalnya, Indonesia mendapat skor 28. Wawan menyebut secara grafik Indonesia mengalami peningkatan sebesar satu poin setiap tahunnya.

Reporter: Ilham Budhiman.[]Sumber: bisnis.com

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.