21 July 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Surya Paloh Bicara Soal Dana Otsus Aceh

...

  • PORTALSATU
  • 12 May 2018 18:40 WIB

@Biro Humas Setda Aceh
@Biro Humas Setda Aceh

BANDA ACEH - Tokoh nasional asal Aceh, Surya Paloh, mengatakan, dana Otsus cukup besar yang diterima Aceh seharusnya membuat Aceh lebih maju.

“Seharusnya kita bisa buat tiga kali kelipatan lebih baik dari sekarang,” kata Surya Paloh saat silaturahmi dengan Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, perwakilan Forkopimda, dan tokoh masyarakat, di Hotel Kiryad Muraya, Banda Aceh, Jumat, 11 Mei 2018, malam.

Surya Paloh menyebutkan, masyarakat Aceh termasuk dirinya harus berani mengakui, “Kita salah urus. Mismanajemen pemerintah besar sekali. Banyak strategi tidak tepat. Niatnya mungkin tidak jelek, tapi hasilnya tidak tepat”.

Menurut Surya Paloh, selama ini hampir tidak ada peningkatan pembangunan keterampilan sumber daya manusia di Aceh. “Dalam berkompetisi apa pun kita kalah. Pengangguran kita besar, provinsi kita miskin,” katanya.

Dia mengajak semua pihak bergandengan tangan, melupakan perseteruan. “(Selama ini) Tidak ada yang ingatin saat ada pekelahian eksekutif dan legislatif. Hal itu telah membuat kita semakin jauh tertinggal,” ujar Surya Paloh.

Surya Paloh menyayangkan, jika Aceh menggantungkan diri dari dana Otsus. Dia mengibaratkan dana Otsus sebagai suplemen semata. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk membangun program yang bisa meningkatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh. Jika hal itu bisa dipikirkan, pastinya Pendapatan Asli Aceh meningkat dan ketergantungan terhadap dana Otsus akan berkurang, bahkan hilang.

“Bahaya kalau Otsus jadi tumpuan. Aneh kalau Otsus jadi andalan pembelanjaan,” kata Surya Paloh.

Surya Paloh meminta Pemerintah Aceh memprioritaskan pembangunan infrastruktur. Ia mengusulkan pembangunan highway dari Banda Aceh ke Medan, layaknya highway Kuala Lumpur – Johor. Selain mempersingkat perjalanan ke provinsi tetangga, hal tersebut juga akan membuat pertumbuhan aktivitas ekonomi.

“Ada multiefek positif yang akan kita dapat. Kita perlu itu (highway),” kata Surya Paloh.

Sebelumnya, Wagub Nova, menyebutkan, Pemerintah bersama DPR Aceh dibantu para tokoh Aceh di Jakarta, harus membantu menyusun langkah strategis untuk melahirkan program yang bisa menghasilkan ‘rupiah’ setara dengan dana Otsus. Apalagi, diketahui bahwa dana Otsus berjumlah lebih dari setengah APBA.

“Kita susun konsep dan bicarakan di DPRA, kita ajak Forbes, mungkin ada satu skema yang bisa kita sepakati. Kita tidak bisa menunggu lama hingga 2027 nanti,” kata Nova.

Nova yakin, pasti akan ada keterkejutan saat dana Otsus “lenyap”. Ke depan, Nova mengajak semua pihak menyusun perencanaan lebih baik, monitoring dan mengevaluasi semua penggunaan dana Otsus ke arah lebih baik sehingga perekomian masyarakat tumbuh.[](rel)

Editor: IRMANSYAH D GUCI


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.