21 September 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


TA Khalid Minta Menteri LHK ke Kawasan Cagar Budaya Gampong Pande

...

  • THAYEB LOH ANGEN
  • 10 September 2020 18:03 WIB

Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), TA Khalid. @Istimewa via sumateranews.co.id
Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), TA Khalid. @Istimewa via sumateranews.co.id

Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), TA. Khalid, memimpin Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Sekjen dan Pejabat Eselon I Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI dan Badan Restorasi Gambut (BRG), di Ruang Sidang Komisi IV DPR RI, Jakarta, Rabu, 9 September 2020.

Dalam RDP tersebut, politikus Partai Gerindra itu meminta Menteri LHK untuk meninjau langsung proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang dibangun di atas kawasan cagar budaya Gampong Pande, Kecamatan Kutaraja, Kota Banda Aceh.

"Pak, kita punya banyak provinsi dan banyak daerah belum memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang memadai sehingga timbul masalah. Anehnya, di Banda Aceh, sudah ada IPAL, tetapi bermasalah karena dibangun di atas situs sejarah dalam kawasan cagar budaya. Setiap hari ada protes dari berbagai pihak," kata TA. Khalid.

Khalid mengatakan, dirinya sudah menyampaikan hal tersebut beberapa kali, termasuk kepada Wali Kota Banda Aceh. Di sana ada satu desa namanya Gampong Pande, banyak artefak dan prasasti bertulis data sejarah para ulama, tetapi di situ pula tempat buang sampah dan tinja.

"Untuk itu, melalui Pak Sekjen, saya meminta kepada Kementerian LHK, kita turun sekali ke sana supaya konkret masalahnya. Saya juga akan ikut, berikan ruang dan waktu sekali, kita turun ke sana mewakili kita bersama, supaya dapat menyelesaikan konflik di lapangan, ketimbang demo, demo, demo, yang tidak tahu kapan berakhirnya," kata Khalid.

Menjawab permintaan tersebut, Sekjen KLHK, Bambang Hendroyono, menyatakan siap meninjau langsung ke Gampong Pande.

"Pak Khalid, itu bukan APBN kali, waktu itu saat ribut di media, kami cek, itu bantuan PUPR, tetapi kalau bapak mau menugaskan kami ke lapangan, kami siap juga untuk mendampinginya," kata Bambang.

TA. Khalid melanjutkan, walaupun itu memang anggaran dari PUPR, tetapi yang diributkan adalah masalah limbah, efeknya kepada anggota DPR RI Komisi IV Dapil Aceh.

"Bagaimana kita menyelesaikan ini. Makanya dari tadi, kita minta turun ke sana, kita lihat langsung. Tidak boleh juga PUPR sembarangan membangun sesuatu yang efeknya kepada Komisi IV, terima kasih," kata TA. Khalid, yang disertai persetujuan dari Sekjen Kementerian LHK.

Lihat videonya di https://www.facebook.com/lasuardi.kbs/videos/3411844922216142

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2012, berdasarkan Peraturan Pemerintah, Kementerian PUPR dan Kementerian PK telah menetapkan Kota Banda Aceh sebagai salah satu Kota Pusaka di Sumatra dan Indonesia karena memiliki kawasan cagar budaya.

Berdasarkan bukti sejarah yang otentik (asli), Kawasan cagar budaya tersebut dari Muara Krueng Aceh (meliputi Gampong Jawa, Gampong Pande, Lampulo), sampai ke beberapa bagian Kampung Baru dan Peuniti. Kawasan ini memiliki berbagai macam artefak zaman Kesultanan Aceh Darussalam, Kerajaan Lamuri, dan Kesultanan Sumatra Pasai.

Foto: Sejarawan Aceh menunjukkan Artefak sejarah berupa nisan raja dan ulama dilokasi pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal) di Gampong Pande, Kota Banda Aceh, Selasa (29/8). @Kanal Aceh/Randi

Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di atas kawasan cagar budaya Gampong Pande telah diprotes oleh berbagai kalangan pada tahun 2017 sehingga pembangunannya dihentikan. Namun, pada Agustus 2020, Pemerintah Kota Banda Aceh menyatakan akan melanjutkan pembangunan IPAL yang bermasalah tersebut.

Hal ini membuat berbagai pihak yang peduli pada khasanah penting bangsa berupa cagar budaya memprotes keras secara bersamaan dan terus menerus.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.