09 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tahun Ini Pemkab Pidie Sembelih 66 Hewan Kurban

...

  • ZAMAH SARI
  • 29 July 2020 21:15 WIB

Ilustrasi. Foto: istimewa/net
Ilustrasi. Foto: istimewa/net

SIGLI -  Pemerintah Kabupaten Pidie akan menyembelih sebanyak 66 hewan kurban pada hari raya Iduladha tahun ini. Dari jumlah itu, 51 sapi dan 15 kambing. Penyembelihan direncanakan pada hari raya kedua yang dipusatkan di perkarangan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pidie.

Jumlah hewan kurban kali ini menurun jika dibandingkan tahun lalu pemerintah menyembelih 69 hewan kurban.  diduga penyebabnya factor ekonomi masyarakat selama pandemi Covid-19.

Panitia Hari–Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Pidie, Teuku Sabirin, mengatakan hewan kurban yang akan disembelih pada Iduladha merupakan sumbangan arisan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pidie. Kali ini tidak ada sumbangan hewan kurban dari pihak ketiga.

“Tahun ini ada 51 sapi dan 15 kambing akan dikurbankan pada Iduladha yang akan disalurkan kepada masyarakat miskin,” kata Sabirin, Selasa, 28 Juli 2020.  

Dia menjelaskan, dari jumlah keseluruhan, 26 sapi diserahkan ke sejumlah kecamatan dan dayah yang kekurangan hewan kurban. Sisanya 25 sapi dan 15 kambing disembelih PHBI kabupaten dan dagingnya dibagikan kepada 2000 fakir miskin.

“Karena ada daerah terpencil di sejumlah kecamatan serta dayah yang kurang hewan kurban maka kita salurkan 26 ternak untuk disembelih dan dibagikan kepada masyarakat di sana,” imbuh Sabirin.

Sabirin yang juga Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Pidie menuturkan, panitia akan menerapkan protokol kesehatan di lokasi penyembelihan. Hal itu, menurutnya, untuk mengindari penularan Covid yang hingga saat ini belum berakhir.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.