28 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tamsil Sebatang Pohon

...

  • portalsatu.com
  • 17 October 2020 21:00 WIB

Pohon raksasa. @Liputan6.com/Pemkab Karanganyar/Edhie Prayitno/Ige
Pohon raksasa. @Liputan6.com/Pemkab Karanganyar/Edhie Prayitno/Ige


Oleh: Taufik Sentana*


Sebatang pohon yang baik adalah tamsil hidup yang baik. Dalam Alquran, sedikitnya ada tiga tamsil tentang pohon, pertama tentang "kalimat yang baik dan kalimat yang buruk". Kedua, pohon zaqqum yang digambarkan bahwa akarnya ada di neraka paling bawah, yang buah buahnya berduri dan menjadi makanan penduduk disana. Ketiga, pohon yang disebutkan "bersujud" kepada Allah dalam surat Ar Rahman.

Adapun " kalimat yang baik" yang dimaksudkan pada awal uraian di atas adalah "muatan hidup" dan muara hidup yang berlandaskan ajaran tauhid, yaitu kalimat yang bermakna, tiada Tuhan selain Allah.

Dari tamsil sebatang pohon ini, setiap diri dapat menakar eksistensinya: apa yang menjadi akar, batang, dahan, tangkai, daun dan buahnya. Atau apa yang menjadi rahasia kerja dari serat serat batang dan daunnya?. Apakah sang diri hanya sepohon yang berduri, atau sepohon yang  menjadi kayu bakar dan bahan baku perhiasan, atau bagai pohon kering menuju binasa dan sia sia?

Sepatang pohon yang baik menjadi tamsil sempurna bagi perjalanan diri. Dari awal kejadian sampai akhirnya menjuntai tinggi dengan daun rimbun dan buahan yang bermanfaat. Kesemua itu tentu karena akar dan batangnya yang kokoh. Dan tentu pula, itu adalah Pemberian Yang Maha Hidup, Asal segala wujud.[]

*Penyuka sastra sufistik.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.