20 June 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tanah Belum Ganti Rugi, Ini Kata Kabag Tata Praja

...

  • SUDIRMAN
  • 30 July 2018 16:00 WIB

@Sudirman/portalsatu.com
@Sudirman/portalsatu.com

SUBULUSSALAM - Kabag Tata Praja Setdako Subulussalam, Wildan Sastra, mengatakan, pihaknya sudah menyerahkan daftar tanah yang belum diganti rugi kepada Dinas Pertanahan yang menangani masalah pembebasan lahan.

"Untuk proses ganti rugi (yang belum terganti rugi) pihak setdako telah menyerahkan data ke Dinas Pertanahan Kota Subulussalam untuk proses lebih lanjut," kata Wildan Sastra kepada portalaatu.com menanggapi protes sejumlah warga yang belum menerima ganti rugi tanah terkait pelebaran Jalan Tua, Desa Lae Oram, Kecamatan Simpang Kiri, Senin, 30 Juli 2018.

Menurut Wildan, munculnya persoalan itu mungkin terdapat beberapa objek tanah yang belum teridentifikasi kepemilikannya atau tumpang tindih. Aksi protes warga ini, kata Wildan, akan disampaikan ke pimpinannya dan Dinas Pertanahan Kota Subulussalam agar segera ditindaklanjuti lebih lanjut.

Ditanya berapa nilai pembebasan tanah per meter, Wildan mengaku tidak ingat lagi karena semua data termasuk nominal harga tanah sudah diserahkan ke Dinas Pertanahan.

"Saya tidak ingat persis berapa nilainya itu. Intinya kami akan bantu dampingi Dinas Pertanahan untuk menyelesaikan proses ganti rugi tanah," ujarnya.

Tanah yang dipatok Abdul Bakti Solin disebut-sebut sudah diterima okum lain yang juga mengklaim kepemilikan tanah tersebut. Nilainya disebut-sebut mencapai Rp40 juta untuk ganti rugi tanah seluas 5x10 meter.

Menanggapi hal itu, Wildan mengaku akan mengecek kembali data pembayaran pembebasan lahan, apakah tanah yang diklaim Abdul Bakti Solin sudah pernah dibayar atau tidak kepada pihak lain.

"Nanti kita cek data dulu, objek tanah itu apa sudah diganti rugi atau belum, jika sudah berarti ada tumpang tindih di situ. Karena tanah yang diganti rugi berdasarkan alas hak yang diserahkan," jelas Wildan.

Untuk menyelesaikan persoalan tersebut, Wildan akan berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pertanahan, Syahbuddin dan Kabag Tata Praja sebelumnya, Mhd. Ali Tumangger, yang saat ini menjabat Kepala Bappeda Kota Subulussalam.[]

Baca juga: Tanah Belum Ganti Rugi, Warga Protes Pelebaran Jalan

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.