12 July 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tanggul Belum Ditangani, Puluhan Rumah di Cureh Tergenang

...

  • Murdeli
  • 02 June 2020 17:45 WIB

BIREUEN - Tanggul saluran pembuang yang jebol belum ditangani membuat puluhan runah warga di Dusun Barat Desa Geulanggang Gampong (Cureh), Kota Juang, Bireuen terendam banjir, Selasa, 2 Juni 2020, dinihari.

Menurut informasi, air meluap dari saluran di jalan utama menuju Pasar Induk Bireuen di wilayah Desa Geulanggang Gampong sekitar pukul 03.00 WIB saat turun hujan. Air yang meluap dari saluran memasuki persawahan.

"Sebab debit yang semakin tinggi. Lalu air meluap ke permukiman dan merendam puluhan rumah warga. Penghuni rumah yang terendam praktis tidak lagi melanjutkan tidur," kata Azhar, tokoh masyarakat Cureh.

Azhar mengatakan penyebab banjir luapan itu adalah tanggul saluran pembuang yang jebol sekitar 4 meter di jalan utama menuju Pasar Induk. Tanggul itu jebol pada bencana banjir bulan Ramadan kemarin. 

"Sebenarnya tidak ribet amat, bisa ditangani untuk sementara agar air tidak meluap. Jika dana belum tersedia dalam jumlah cukup. Ini sudah sebulan seakan tanpa upaya memperbaiki," jelasnya.

Selain itu hingga siang tidak ada pejabat dinas terkait yang hadir ke lokasi sekadar menghibur pemilik rumah yang terendam. Apalagi untuk mengantar bantuan masa panik sebagaimana biasanya jika banjir di tempat lain.

"Saya sudah sampaikan ke sejumlah pihak tentang kondisi ini. Soal banjir dan juga soal tanggul. Tentunya warga desa saya hanya bisa menunggu tindaklanjut pemerintah," ucap Azhar.

Kadis Sosial Kabupaten Bireuen Mulyadi yang dihubungi soal bantuan masa panik mengatakan tentang bencana lebih dulu turun tim BPBD Bireuen untuk melakukan upaya penanganan. Setelah itu baru turun tim Dinsos Bireuen.

"Bantuan masa panik itu diberikan kepada warga yang mengungsi. Kalau di Cureh itu (Geulanggang Gampong) tidak termasuk kategori mendapat bantuan masa panik," jelas Mulyadi.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.