26 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Terkait Polres Subulussalam, Kapolda Sudah Surati Mabes Polri

...

  • SUDIRMAN
  • 14 February 2019 16:30 WIB

Kapolda Aceh mengunjungi Mapolres persiapan Subulussalam. Foto: Sudirman/portalsatu.com
Kapolda Aceh mengunjungi Mapolres persiapan Subulussalam. Foto: Sudirman/portalsatu.com

SUBULUSSALAM - Kapolda Aceh, Irjen Pol. Drs. Rio S. Djambak, mengaku telah menyurati Mabes Polri di Jakarta terkait usulan definitif Mapolres Kota Subulussalam. Hal ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat tanpa harus ke Aceh Singkil menempuh jarak sekitar dua jam perjalanan.

Hal itu disampaikan Kapolda Aceh di sela-sela kunjungannya ke kantor Polres persiapan di Jalan Teuku Umar, Desa Tangga Besi, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Kamis, 14 Februari 2019. Di areal tersebut, Pemerintah Kota Subulussalam telah membangun kantor dan rumah perwira, tinggal menunggu penetapan status definitif.

"Kami sudah mengajukan Polres Subulussalam, bukan Polresta, meski ini juga kotamadya," kata Kapolda Aceh.

Karena untuk mencapai kriteria Polresta, ada syarat tertentu, misalnya jumlah penduduk dan potensi ancaman kriminalitas dan lain-lain. "Karena itu yang kami ajukan ke Mabes Polri adalah Polres," ujarnya.

Kapolda Aceh menyebutkan, pihaknya juga telah menerima surat dari Mensesneg Republik Indonesia untuk menindaklanjuti usulan Wali Kota Merah Sakti terkait permohonan penetapan status definitif Polres Kota Subulussalam.

Namun Kapolda Aceh belum bisa memastikan apakah Polres Subulussalam definitif sebelum atau sesudah pemilu, pihaknya tidak bisa memaksa pemerintah pusat karena punya pertimbangan khusus. Namun demikian, Kapolda Aceh mengapresiasi langkah Wali Kota Merah Sakti yang telah banyak membantu pihak kepolisian untuk mewujudkan instansi Polri di Kota Subulussalam.

"Kami mengecek sejauh mana bantuan yang diberikan pemda, Alhamdulillah, Pak Wali Kota di akhir masa tugasnya telah banyak membantu kami, menyiapan lahan dan membangun kantor," ungkap Kapolda Aceh.

Kapolda Aceh meninjau Mapolres persiapan, didampingi Wali Kota Subulussalam Merah Sakti, untuk melihat kondisi bangunan Mapolres beserta rumah dinas perwira polisi juga telah rampung dibangun pemerintah daerah sejak tahun lalu.

Kedatangan Kapolda Aceh Rio S. Djambak didampingi sejumlah pejabat teras Polda Aceh seperti Irwasda Polda, Kombes Drs. Erwin Faisal, Karo Rena Kombes Heri Purwanto, Dansat Brimob Polda, Kombes Suheru, Dir. Intel, Kombes Drs. Suptiadi Jalal, Kabid Humas Kombes Heri Pratomo, Koors Pripim AKBP Muhammadun.

Terpisah Wali Kota Merah Sakti berharap Polres Subulussalam segera terwujud sebelum Pemilu 2019 atau sebelum masa jabatannya berakhir 5 Mei mendatang. 

"Kita tidak ingin, 'kambing punya susu sapi punya nama', kita yang meletakkan pondasi, terus orang yang berkoar-koar, 'dialah ini, dialah itu'. Itu tidak sportif," katanya.

Merah Sakti menyebutkan, upaya mewujudkan Polres Subulusslam definitif sudah dilakukan semaksimal mungkin,  mulai bertemu Presiden Joko Widodo, berjumpa Kapolri dan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo di Gedung DPR RI baru-baru ini.

Dengan kunjungan Kapolda Aceh ke Kota Subulussalam, Merah Sakti berharap cita-cita masyarakat Kota Subulussalam untuk memiliki Polres definitif segera terwujud, sehingga proses pelayanan menjadi lebih mudah tanpa harus ke Aceh Singkil.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.