15 December 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tertangkap di Garasi Rumah, BKSDA Lepasliarkan Kucing Mas Asia di Kawasan Hutan Aceh Barat

...

  • TAUFAN MUSTAFA
  • 13 March 2018 14:22 WIB

BANDA ACEH - Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh akan melepasliarkan kucing emas (catopuma temmickie) yang tertangkap dalam garasi rumah warga di Gampong Masjid, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat, beberapa waktu lalu. Satwa liar yang dilindungi ini dilepasliarkan di kawasan hutan Aceh Barat, Selasa, 13 Maret 2018.

"Kita lepasliarkan di kawasan hutan yang diperkirakan masih banyak pakan serta kurang dari aktivitas manusia di dalam kawasan, kejadian ini juga termasuk konflik satwa dengan manusia," kata Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo.

Dia mengatakan kucing emas ini berukuran tinggi 40 cm dan panjang 80 cm dihitung dari kepala hingga ekor. Kucing mas Asia ini merupakan jenis satwa liar dilindungi undang-undang, yang oleh IUCN masuk dalam Appendix 1. "Statusnya near threatened atau hampir terancam punah," kata Sapto. 

Aji menyebutkan pihaknya akan terus mensosialisasikan perlindungan terhadap semua satwa liar yang dilindungi, bukan hanya terhadap kucing emas saja.  

Sebelumnya diberitakan, seekor kucing mas Asia terperangkap di salah satu garasi rumah warga, di Gampong Masjid Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat. Tim BKSDA Meulaboh yang terdiri dari staf dan pawang harimau langsung menuju ke lokasi usai mendapatkan laporan tersebut. Kucing liar yang terancam punah ini baru berhasil dievakuasi Senin, 13 Maret 2018 sekitar pukul 20.00 WIB.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.