16 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tgk. Muharuddin Bantu Kursi Roda kepada Penderita Lumpuh dan Stroke

...

  • portalsatu.com
  • 24 March 2019 17:00 WIB

ACEH UTARA – Politisi Partai Aceh Tgk. Muharuddin kembali menyerahkan bantuan kursi roda untuk penderita lumpuh dan stroke di Aceh Utara, Sabtu (23/3/2019). Bantuan ini diberikan dari upaya dirinya menyisihkan sedikit upah yang diterimanya sebagai wakil rakyat di DPR Aceh.

Bantuan kursi roda bagi para penderita lumpuh ini, bukan pertama kali diberikan. Sebelumnya beberapa waktu lalu, Tgk. Muhar juga telah memberikan bantuan kepada sejumlah penderita lumpuh di Kabupaten Aceh Utara, Aceh Timur, Bireuen, hingga Aceh Tengah.

Selain memberikan bantuan kursi roda, mantan Ketua DPR Aceh itu menyerahkan sejumlah bantuan dana untuk biaya berobat bagi warga Aceh yang sedang didera sakit tersebut. 

Beberapa warga di Aceh Utara dan Aceh Timur yang tidak bisa ditangani penyakitnya di rumah sakit umum daerah, juga telah diupayakan Tgk. Muhar dengan memfasilitasi keberangkatan dan biaya untuk dirujuk ke Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh.

Saat tiba dari Banda Aceh Sabtu pagi kemarin, Tgk. Muharuddin awalnya berkunjung ke kediaman Ruqiyah, warga Gampong Matang Tunong, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara. 
Anak Ruqiyah, yakni Rauzhatul Afni yang berumur 20 tahun telah menderita lumpuh sejak dia masih berusia balita.

Kepada Tgk. Muharuddin, Ruqiyah mengaku telah berupaya mengobati anaknya yang menderita lumpuh sejak bayi itu. Namun karena keterbatasan biaya, dirinya hanya mampu berobat ke rumah sakit yang ada di Aceh Utara.

“Kalau untuk ke Banda Aceh atau Medan, kami tidak ada biaya. Memang rumah sakit gratis, tapi untuk biaya lainnya kan butuh biaya. Untuk makan saja kami pas-pasan, jadi untuk biaya berobat ke luar daerah kami tidak sanggup,” ungkapnya.

Ruqiyah tak mampu menahan rasa harunya saat menerima bantuan kursi roda untuk anaknya itu, dia pun mengucapkan terima kasih kepada Tgk. Muhar yang telah memberikan bantuan kursi roda dan sejumlah biaya berobat untuk sang buah hatinya.

“Alhamdulillah dengan adanya kursi roda ini, anak saya bisa mudah beraktifitas di rumah, tanpa harus saya gendong terus jika mau pindah-pindah tempat di dalam rumah,” ujarnya.

Usai menyerahkan bantuan di Seunuddon, Tgk. Muharuddin dan rombongan bergerak ke pelosok Sawang, Aceh Utara, yang menempuh jarak hingga hampir tiga jam perjalanan. Di Gampong Riseh Teungoh, Riseh Baroh, dan Riseh Tunong, dia juga menyerahkan bantuan kursi roda dan biaya berobat bagi para penderita lumpuh dan stroke di tiga desa tersebut.

Para penderita lumpuh yang menerima bantuan tersebut yaitu Salihah (80 tahun), warga Gampong Riseh Baroh Kecamatan Sawang Aceh Utara, yang menderita copot (renggang) bagian tulang kakinya. Lalu Saifuddin Muhammad (60 tahun), warga Gampong Riseh Teungoh, yang menderita stroke sejak beberapa tahun terakhir. 

Selanjutnya, Saidah (62), Warga Riseh Teungoh, yang menderita lumpuh akibat penyakit stroke yang dideritanya. Serta Mustafa Adam, Warga Riseh Tunong, Kecamatan Sawang Aceh Utara, yang juga menderita lumpuh dan stroke.

Para penerima bantuan kursi roda tersebut mengucapkan syukur dan berterima masih kepada Tgk. Muharuddin serta mendoakan agar Allah SWT membalas jasanya yang telah sudi memberikan bantuan kepada masyarakat miskin.

Selain itu, Tgk Muharuddin juga menyantuni puluhan anak yatim saat bersilaturrahmi dengan warga Riseh Teungoh, di balai Masjid Attaqarub usai menjadi imam shalat magrib di masjid tersebut.

Tgk. Muharuddin mengatakan bantuan tersebut diberikan sebagai tanggungjawabnya sebagai wakil rakyat, serta sebagai bentuk keprihatinannya kepada warga kurang mampu di Aceh yang membutuhkan. Bantuan itu diberikan dari selama ini dirinya menyisihkan sedikit gaji yang diterimanya sebagai anggota DPRA.

“Di dalam harta yang kita miliki, juga terdapat sedikit hak orang lain. Untuk itu, kita harus saling berbagi untuk meringankan beban orang-orang yang kurang mampu,” ungkap Tgk. Muhar.

“Semoga bantuan kursi roda ini dapat bermanfaat bagi warga tersebut, serta memberikan semangat dan motivasi bagi mereka dalam menjalani hidup,” tambahnya.[] Rilis

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.