26 June 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tiga Kabupaten di Aceh Terdampak Abu Sinabung

...

  • Rino
  • 10 June 2019 11:00 WIB

Foto dok. BPBA
Foto dok. BPBA

BANDA ACEH - Tiga Kabupaten di Provinsi Aceh dilaporkan terkena dampak erupsi Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Hujan abu vulkanik mulai terlihat pada Minggu, 9 Juni 2019, malam.

Kabupaten terdampak yakni Aceh Tenggara, Aceh Selatan, dan Simeulue. Kabupaten terakhir merupakan wilayah kepulauan dan cukup jauh dari lokasi erupsi. 

Foto-foto hasil tangkapan tim BPBA memperlihatkan bahwa abu mulai menyelimuti kendaraan. Ketebalan abu cukup memprihatinkan. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek, mengimbau warga Aceh yang berada di dekat lokasi erupsi segera menjauh. Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Kalau ada warga Aceh saat ini bertamasya di kawasan Berastagi atau Danau Toba, segeralah menjauh dari lokasi wisata tersebut," imbau Dadek dalam keterangan resminya kepada portalsatu.com, Senin pagi. 

Warga juga diminta mengurangi aktivitas di luar ruangan. Paparan abu vulkanik berdampak buruk bagi kesehatan, terutama bagi yang menderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). 

"Tutup jendela pintu, perapian, ataupun tungku kayu, dan minimalkan pemanas udara atau AC (pendingin ruangan) untuk mencegah masuknya abu dan gas ke dalam rumah. Dan gunakan masker. Pakai kacamata dan percikkan air saat membersihkan," sarannya. 

Selain menjaga kulit agar tetap tertutup untuk menghindari iritasi akibat kontak langsung, warga diimbau segera mencari bantuan medis jika merasakan sesak dan sebagainya. 

Sebelumnya dilaporkan bahwa paparan abu vulkanis dari Gunung Sinabung baru mencapai Kabupaten Aceh Selatan. Belakangan diketahui telah mencapai dua kabupaten lain, termasuk Kepulauan Simeulue. 

"Jarak antara Simeulue dengan Sinabung hampir 160 mil, tapi, debu itu sampai juga," sebut Dadek. 

Data dari Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung menyebutkan bahwa erupsi Gunung Sinabung terjadi pukul 16.28 WIB, Minggu sore. Tinggi kolom abu teramati kurang-lebih 7.000 meter di atas puncak atau sekitar 9.460 meter di atas permukaan laut.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.