20 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tiga Karung Lapisan E-KTP Ditemukan di Depok, Ini Kronologinya

...

  • VIVA
  • 23 March 2019 14:00 WIB

Lembaran lapisan blanko e-KTP ditemukan di Cimanggis Depok. Foto via viva.co.id
Lembaran lapisan blanko e-KTP ditemukan di Cimanggis Depok. Foto via viva.co.id

DEPOK - Tiga karung blanko lapisan belakang Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP ditemukan tak bertuan di lahan kosong di kawasan kavling DDN, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Jumat, 22 Maret 2019.

Data dihimpun menyebutkan, temuan itu bermula ketika salah seorang warga hendak membersihkan sebuah bedeng yang berdiri di lahan kosong tersebut pada Jumat pagi.
 
"Setelah mau dibersihkan bedeng tersebut, warga melihat ada karung berjumlah 3 buah dan mencoba membuka karung tersebut ternyata berisi lapisan luar bagian belakang e-KTP yang ada gambar Garuda-nya," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok, Linda saat dikonfirmasi, Sabtu 23 Maret 2019.

Warga lantas melaporkan temuan itu kepada sekuriti setempat yang kemudian dikoordinasikan ke Satpol-PP Kecamatan Cimanggis. "Saat ini barang bukti sudah kami serahkan ke Polsek Cimanggis. Jadi seperti itu ditemukannya, tergeletak begitu saja di lahan kosong," kata Linda.

Sementara itu, Kapolsek Cimanggis, Komisaris Polisi Suyud, tak menampik adanya temuan tersebut. Namun ia memastikan, itu hanyalah plastik pelapis e-KTP dan sudah tidak terpakai. "Itu lapisan yang reject (rusak). Ini lembaran kaya kertas kok," katanya.

Menurut Suyud, temuan itu bermula dari adanya informasi warga. barang itu ditemukan di lahan kosong dekat bedeng di kawasan tanah kavling DDN, Harjamukti, Kecamata Cimanggis. "Ada di karung sekitar 3 iket lah. Namanya barang enggak berlaku, rusak," jelasnya.

Suyud mengaku, pihaknya belum bisa memastikan apakah barang tersebut sengaja dibuang atau ada unsur kesengajaan. Ia juga mengaku belum berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) atau Disdukcapil lantaran ini hanyalah lembaran tak terpakai.

"Kita belum tahu ini milik siapa, karena bedeng itu enggak ada penghuninya tanah kosong. Tentunya kalau KTP langsung kami lapor, ini lembaran yang salah cetak, kalo KTP akan kita tindaklanjuti. Ini lembaran cetakan KTP yang rusak," tegasnya.[]Sumber: viva.co.id

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.