15 November 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tiga Oknum Sipir Lapas Lhokseumawe Jadi Tersangka

...

  • SIRAJUL MUNIR
  • 23 February 2018 22:20 WIB

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Hendri Budiman. @dok. pelita8.com
Kapolres Lhokseumawe, AKBP Hendri Budiman. @dok. pelita8.com

LHOKSEUMAWE - Penyidik Satuan Reserse dan Kriminal Polres Lhokseumawe menetapkan tiga oknum sipir Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Lhokseumawe sebagai tersangka perkara mengeluarkan napi di luar prosedur Lapas.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Hendri Budiman, melalui Kasat Reskrim, AKP Budi Nasuha, Jumat, 23 Februari 2018 menegaskan, tiga oknum dari Lapas itu berinisial Y,  M dan R langsung ditetapkan sebagai tersangka usai diperiksa  penyidik Jumat, sekitar pukul 11.00 WIB.

"Penyidik sudah menemukan cukup unsur keterlibatan tersangka dalam perkara keluarnya AK, 20 tahun, napi narkoba dari Lapas yang akhirnya ditangkap tim kita," jelas Budi.

Budi melanjutkan, ketiga tersangka dikenakan pasal 426 KUHP ayat (1) dan (2), karena sengaja melepaskan napi. "Ketiganya tidak kita tahan, namun kita kenakan wajib lapor saja, karena ada permohonan agar tidak ditahan dari keluarga, dan ada surat perjanjian akan hadir sewaktu-waktu diperlukan untuk proses pemeriksaan," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang napi perkara narkoba berinisial AK, 20 tahun, ditangkap petugas kepolisian sedang berwara-wiri di seputaran Gampong Jawa Lama, Lhokseumawe, Kamis, 22 Februari 2018, dinihari.

Warga asal Gampong Cot Plieng, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara itu ternyata diketahui keluar dari Lapas Kelas IIA Lhokseumawe secara ilegal diduga dengan cara menyuap oknum sipir dengan uang kisaran Rp500 ribu sampai Rp2 juta lebih. Tersangka diberi waktu keluar mulai pukul 21.00 WIB sampai Subuh.

Saat ditangkap AK mengendarai sepeda motor milik oknum sipir dan diduga hendak melakukan tranksaksi narkoba sabu. Namun saat ditangkap, polisi tidak menemukan barang bukti narkoba. Selain sepeda motor, polisi juga menyita dua HP dari napi perkara narkoba yang baru menjalani masa tahanan 1 tahun 6 bulan dari vonis 5 tahun atas perkara kepemilikan 1 Kg sabu.[] 

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.