10 August 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tiga Warga Simeulue Positif Corona Hasil Rapid Test Usai Pulang dari Jawa

...

  • Fakhrurrazi
  • 26 April 2020 14:10 WIB

Ilustrasi pelaksanaan tes laboratorium. (iStockphoto/busracavus)
Ilustrasi pelaksanaan tes laboratorium. (iStockphoto/busracavus)

BANDA ACEH - Tiga warga Kabupaten Simeulue berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) terindikasi positif terpapar Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) berdasarkan hasil rapid test dilakukan pihak rumah sakit setempat.

Ketiga warga tersebut diketahui memiliki riwayat perjalanan pulang dari Magetan, Jawa Timur. Setibanya di Simeulue, mereka masuk dalam status pemantauan petugas medis setempat.

Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Simeulue, Ali Muhayatsah, mengatakan, sejauh ini sudah ada enam berstatus orang dalam pemantauan (ODP). Saat dilakukan rapid test, tiga positif dan tiga lainnya dinyatakan negatif Covid-19.

"Enam orang dalam pengawasan. Tiga orang positif rapid test dan 3 orang negatif,” ujar Ali dalam keterangannya, Sabtu, 25 April 2020.

Ali menyampaikan, tiga pasien positif rapid test tersebut sedang diupayakan untuk dirujuk ke RSUD Zainal Abidin Banda Aceh. Sementara tiga yang negatif tetap dikarantina khusus di RSUD setempat.

"Sedang diupayakan untuk dirujuk (ke RSUDZA yang positif). Karantina khusus di RSUD untuk yang negatif," katanya.

Kemudian, kata Ali, terhadap keluarga dari pasien positif hasil rapid test tersebut bakal dikarantina secara mandiri di tempat masing-masing.

"Keluarga yang bersangkutan akan dikarantina mandiri secara ketat selama 14 hari ke depan," ujar Ali Muhayatsyah.[](rilis)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.