29 September 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tim BKSDA Evakuasi Orangutan di Babahrot

...

  • PORTALSATU
  • 11 August 2017 20:00 WIB

istimewa
istimewa

BANDA ACEH -- Tim BKSDA Aceh bersama tim Sumatran Orangutan Conservation Project (SOCP) Yayasan Ekosistem Lestari telah mengevakuasi Orangutan Sumatera (Pongo abelii) jantan nerusia 20 tahun, yang memasuki perkebunan sawit masyarakat di Desa Cot Sumantok, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya, Kamis, 10 Agustus 2017.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh, Sapto Aji Prabowo, mengatakan keberadaan orangutan tersebut diketahui berdasarkan laporan warga kepada petugas Resort Konservasi Wilayah 8 Tapaktuan, sehari sebelumny.

"Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap orangutan terebut dinyatakan sehat, selanjutnya dilakukan rilis di Pusat Reintroduksi Orangutan Sumatera di Jantho, Aceh Besar, pada pagi hari ini Jumat, 11 Agustus 2017," katanya.

Menurutnya, monitoring di Jantho secara rutin dilakukan petugas resort dan SOCP. Sementara untuk tahun 2017, ada lima orangutan yang sudah dievakuasi oleh BKSDA.

Untuk keberadaan orangutan saat ini, ada yang masih di Pusat Rehabilitasi Orangutan di Batumbelin Sibolangit, Sumut, ada yg dirilis langsung di Taman Nasional Gunung Leuser, ada yg dirilis di Jantho, semntara ini yang dirilis ke Jantho sudah genap 100 ekor sejak tahun 2011.

"Orangutan yang dievakuasi kemarin, diberi nama si Black karena dievakuasi dari Krueng Hitam, biar gampang nandain.
Dilakukan evakuasi di kebun warga, supaya nanti tidak dianggap hama oleh masyarakat terus dibunuh," katanya.[]

Laporan Taufan Mustafa

Editor: IHAN NURDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.