25 May 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tim Dolphin Amankan Truk Pengangkut Kayu Ilegal

...

  • MHD SAIFULLAH
  • 12 February 2018 15:30 WIB

BANDA ACEH -- Tim Dolphin Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Aceh Besar berhasil mengamankan dua orang tersangka diduga melakukan penyelundupan kayu secara ilegal, di kawasan Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Senin, 12 Februari 2018.

Kapolres Aceh Besar, AKBP Heru Suprihasto melalui Kasat Lantas, Iptu Sandy Titah Nugraha, mengatakan, penangkapan terjadi saat tim sedang melakukan hunting dan patroli untuk mencegah lakalantas (kecelakaan lalu lintas) yang bersifat pelanggaran fatalitas tinggi di kawasan tersebut.

“Ketika melintas di wilayah Kecamatan Lhoknga, terpantau mobil L300 mengangkut karung beras dengan kecepatan tinggi dan diduga over load,” kata saat dikonfirmasi, Senin, 12 Februari 2018.

Sandy, mengungkapkan, setelah melihat mobil tersebut, tim yang merasa curiga kemudian melakukan pengejaran dan memberhentikan mobil tersebut serta meminta kepda sang pengemudi untuk menunjukkan surat-surat kendaraan.

Selain itu, tim juga mencurigai tumpukan karung-karung beras yang dibawa tersebut dan meminta pengendara mobil untuk membongkar muatannya.

“Saat dibongkar, ditemukanlah tumpukan kayu jenis semantuk di dasar bak tanpa dokumen sah, ditutup terpal dan ditimpah karung-karung berisi beras,” jelasnya.

Adapun jenis kayu yang dibawa oleh kedua tersangka warga Kabupaten Aceh Jaya, berinsial M (35) dan MB (32), tersebut, yakni kayu semantuk (damar) yang banyaknya sekitar satu kubik dengan panjang permeter batangannya sepanjang 2 meter. Kayu tersebut diperkirakan diambil kedua tersangka di kawasan Teunom, Aceh Jaya.

"Tersangkanya dua orang dan saat ini sudah kita titipan di Polsek Sukamakmur. Kayu semantuk merupakan kayu keras nomor satu yang biasanya terdapat di tengah hutan pedalaman," katanya.

"Kayu hendak dibawa ke salah satu kilang kayu yang ada di Banda Aceh. Untuk lain-lain masih dikembangkan Reskrim Polres Aceh Besar," katanya.[]

Editor: IHAN NURDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.