20 September 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tim Gabungan Periksa Program Seco Gayo Lues

...

  • Win Porang
  • 14 September 2020 15:42 WIB

Tim gabungan meninjau program Seco di desa Anak Reje [Foto: Win Porang]
Tim gabungan meninjau program Seco di desa Anak Reje [Foto: Win Porang]

Program Seco di Kabupaten Gayo Lues sudah menghabiskan anggaran Rp 7 miliar, sebanyak Rp 21 miliar lagi masih dalam proses.

BLANGKEJEREN -- Tim gabungan yang terdiri dari Kepolisian, Kejaksaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pertanian melakukan pemeriksaan terhadap bantuan program Sela Covid-19 (Seco) Senin 14 September 2020.

Pemeriksaan pertama dilakukan terhadap lahan ketua kelompok tani desa Penampaan Uken yang lokasi lahanya di desa Anak Reje, Kecamatan Langpegayon. Berdasarkan pernyataan ketua kelompok tani itu, diketahui bahwa bantuan mulsa plastik dan bibit bawang yang diberikan pemerintah daerah sudah ditanami dengan kondisi yang baik, bawang itu sudah berumur 30 hari dan tinggal menunggu panen 30 hari ke depan.

Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Gayo Lues, Muhammad Saleh di lokasi peninjauan mengatakan, yang dilakukan pihanya adalah peninjauan program Seco bantuan pemerintah daerah, diantaranya bantuan bibit bawang dan mulsa, bantuan benih jagung, dan bantuan cabai madun dan mulsa.

"Jadi hari ini cuma satu kelompok kita lihat dan kita cek, hari Jumat nanti baru kita singkronkan data dan kita lengkapi apa yang belum lengkap, kemudian hari Senin depan baru kita turun lagi ke lapangan, ini hanya memastikan apakah bantuan benar-benar ditanam atau tidak," katanya.

Hingga hari ini kata Saleh, program Seco di Gayo Lues sudah menelan dana Rp 7 miliar, bantuan itu tergabung seperti mulsa dan bibit bawang merah, mulsa dan bibit cabai madun, bantuan benih jagung, dan bantuan benih padi. Sementara Rp 21 miliar  anggaran Seco masih dalam proses.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Gayo Lues, Zakaria mengatakan, bantuan program Seco sudah disalurkan kepada masing-masing penerimanya, dan dari beberapa penerima yang didatangginya, semuanya sudah ditanam dan ada yang sudah selesai panen.

"Hasil pantuan kami selama ini, bibit sudah ditanam, dan hasilnya Alhamdulilah bagus, namun untuk jagung dan padi, itu yang tidak serentak, sebagian ada yang sudah menanam, sebagian ada yang sedang proses olah lahan," katanya.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.