04 June 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia

Ketua IKAMIK Unsyiah:
'Tindakan Pemerintah Aceh Publikasi Lahan Kuburan Dapat Pengaruhi Bertambahnya Korban Covid-19'

...

  • PORTALSATU
  • 29 March 2020 11:22 WIB

Muhammad Daud. Foto: istimewa
Muhammad Daud. Foto: istimewa

BANDA ACEH - Ketua Ikatan Alumni Magister Ilmu Kebencanaan (IKAMIK) Unsyiah, Muhammad Daud, SKM., M.Si., menilai tindakan Pemerintah Aceh dalam penanganan Covid-19 dengan mempersiapkan lahan kuburan massal dan mengumumkan ke publik dapat memengaruhi bertambahnya korban virus corona yang diakibatkan stres dan berpengaruh penurunan imun tubuh.

"Gangguan psikologi, stres, sangat berdampak terhadap imun atau daya tahan tubuh seseorang, yang mengakibatkan seseorang lebih rentan terkena penyakit, dalam ilmu kedokteran dikenal dengan psikoneuroimunologi," ujar Daud melalui keterangannya dikirim kepada portalsatu.com, Ahad, 29 Maret 2020.

Daud menilai tindakan Pemerintah Aceh memublikasikan persiapan lahan kuburan massal untuk jenazah korban Covid-19 justru tindakan "peu sak hob" atas sifat masyarakat Aceh yang kurang peka terhadap arahan pemerintah dalam penanganan wabah ini yang terus merebak.

"Seharusnya Pemerintah Aceh dapat melakukan upaya lain dalam penanganan wabah Covid-19 ini. Salah satunya tindakan isolasi wilayah yang telah direkomendasi oleh para pihak, bukan justru melakukan tindakan yang dapat menakuti masyarakat," tegas Daud.

Daud menambahkan, seharusnya pemerintah belajar dari penanganan wabah Covid-19 di Wuhan, China, dengan mendorong peran media melakukan publikasi terhadap pasien yang terus mencapai kesembuhan dan dapat beraktivitas kembali.

"Rasionalnya kasus Covid-19 sangat minim terjadi pada anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa dan lansia. Salah satu faktor karena anak tidak stres dan imun tetap stabil dan kuat," jelas Muhammad Daud yang juga dosen tetap Prodi D-III Keperawatan Universitas Abulyatama, Aceh Besar.[](rilis)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.