26 September 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tips dari Orang Terkaya RI untuk Jadi Pemimpin Andal

...

  • PORTALSATU
  • 11 September 2018 21:30 WIB

Michael Hartono @Detik
Michael Hartono @Detik

JAKARTA - Orang terkaya di Indonesia, Michael Bambang Hartono, memberi saran untuk melahirkan generasi-generasi pemimpin yang andal. 

"Jika ingin jadi pemimpin andal, anjurkan mereka untuk bermain bridge," kata Bambang, saat berkumpul bersama di Diponegoro Bridge Community yang digelar oleh Ikatan Alumni Universitas Diponegoro, Selasa, 11 September 2018.

Buat Bambang, bermain kartu bridge bukanlah sekedar berolahraga dan melatih mental untuk menjadi manusia sportif. Tetapi, lanjutnya, bermain bridge memberinya ilmu sangat penting dalam memimpin termasuk dalam menjalankan bisnisnya.

Salah satunya karena proses pengambilan keputusan saat bermain bridge. "Pola decision processnya itu. Dikumpulkan data, informasi, dari situ dianalisa setelah itu disimpulkan setelah itu diputuskan strategi mau bermain bagaimana. Ini harus diselesaikan dalam waktu 8 menit," katanya. 

Untuk itu, diperlukan ketelitian, kecermatan, ketangkasan, dan daya ingat sangat baik dalam waktu singkat. "Leadership dibentuk di sini," tekannya. 

Sebelumnya, meski telah menjadi orang terkaya di RI, Bambang tak ragu terjun dan mewakili Indonesia sebagai atlet bridge di Asian Games 2018. Ia berhasil meraih medali perunggu dan mendapat bonus dari pemerintah sebesar Rp 150 juta untuk kontribusinya tersebut. 

Pemilik Grup Djarum, yang salah satunya menjadi pengendali Bank BCA Tbk., ini diestimasi memiliki kekayaan US$ 16,7 miliar setara Rp 242 triliun. Mungkin baginya, bonus medali itu hanya 'uang rokok'.

Meski demikian, pria itu menunjukkan kerendahan hati. Menurutnya, apresiasi yang diberikan pemerintah sangat bagus bagi atlet karena langsung diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Minggu (2/9/2018) di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. []

Sumber: CNBC Indonesia

Editor: Arman


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.