18 February 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tujuh Toko di Pasar Aceh Terbakar, Ini Nama-nama Pemiliknya

...

  • Fazil
  • 13 August 2018 17:30 WIB

@Fazil/portalsatu.com
@Fazil/portalsatu.com

BANDA ACEH – Tujuh toko di Pasar Aceh, Jalan Pante Kulu, Gampong Baru, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, terbakar Senin, 13 Agustus 2018, sekita pukul 05.30 WIB. Api juga membakar sebanyak 11 lapak pedagang kaki lima di lokasi tersebut.

Salah seorang pedagang di lokasi kebakaran itu, Karim (27), mengatakan, saat itu dirinya melihat muncul kobaran api di salah satu lapak pedagang kaki lima. Ia langsung memberitahukan warga lainnya untuk membantu memadakamkan api. Warga turut menghubungi pihak pemadam kebakaran.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, M. Nurdin, S.Sos., menyebutkan, mulanya ada warga yang melihat api sedang  membakar beberapa lapak kios jualan (kios tenda) yang berada di pinggiran trotoar jalan di lokasi itu. 

Menurut Nurdin, masyarakat sekitar langsung menghubungi pihak DPKP, sekitar pukul 05.55 WIB. Lalu, dirinya menugaskan petugas menuju lokasi kebakaran guna memadamkan api.

"Setelah tiba di lokasi kebakaran tersebut, petugas kita menghubungi pihak PLN untuk meminta bantuan melakukan pemadaman listrik, sehingga para petugas dengan segera bisa langsung melakukan pemadaman api," kata Nurdin kepada wartawan, Senin, 13 Agustus 2018.

Upaya pamadaman api turut dibantu para personel TNI (Koramil 14 Baiturrahman), RAPI, Polsek Baiturahman serta di-back-up anggota Polresta Banda Aceh dalam melaksanakan pengamanan di lokasi kejadian.

"Api dapat dipadamkan sekitar pukul 06.15 WIB. Setelah peristiwa itu, sekitar pukul 06.45 WIB, keadaan di lokasi sudah aman," ujar Nurdin.

Nurdin menatakan, sementara ini pemilik rumah toko (ruko) yang berada di dekat lokasi kebakaran tersebut, tidak bisa beraktivitas. Mereka harus mengevakuasi barang jualannya ke tempat lainnya. Sebab, lokasi kebakaran itu sudah dipasang pembatasan atau garis polisi untuk dilakukan penyelidikan.

Menurut Nurdin, toko-toko yang terbakar itu milik Zul Bahri (Toko Pakaian Azkya), Rusdi (Mitra Toko Emas), Heri (Toko Pakaian Heri Baru), Khatijah (Toko Ketty Gorden), Irwansyah Putra (Toko Emas H. M. Isa), Syukri (Toko Pakaian Aziskid), dan Rizal (Toko Pakaian Ar Rahman).

Nurdin menambahkan, satu sepeda motor Scoopy dan satu becak barang milik Wahyudi (31), pedagang setempat juga terbakar. "Becak barang milik pedagang itu dipergunakan untuk berjualan sepatu dan sandal," ujarnya.

Sementara itu, pihak Polsek Baiturahman Kota Banda Aceh sedang menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran tersebut.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.