25 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Tunda Pelantikan Komisioner KIP, Ini Kata Bupati Aceh Utara

...

  • Fazil
  • 10 July 2018 16:30 WIB

Muhammad Thaib alias Cek Mad. @dok. lintasnasional
Muhammad Thaib alias Cek Mad. @dok. lintasnasional

ACEH UTARA - Pelantikan lima komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara periode 2018-2023, yang dijadwalkan akan dilaksanakan hari ini, akhirnya ditunda sampai batas waktu belum ditentukan.

"Pelantikan lima komisioner KIP Aceh Utara tetap kita laksanakan, tentu dalam waktu dekat ini segera akan dilantik. Karena ini harus berdasarkan dari hasil musyawarah dengan Muspida. Artinya, bagaimana kesepatakan bersama untuk penjadwalan pelantikan tersebut," kata Muhammad Thaib alias Cek Mad, menjawab portalsatu.com, di Kantor Bupati Aceh Utara, Selasa, 10 Juli 2018, siang.

Cek Mad menyebutkan, “tidak ada persoalan apapun menyangkut pelantikan KIP tersebut”. Namun, kata Cek Mad, apabila ada pihak yang merasa keberatan terhadap hasil seleksi calon anggota KIP itu, silakan layangkan kepada KPU RI atau Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Bupati mengatakan itu saat ditanya tentang salah seorang calon anggota KIP Aceh Utara terpilih diduga berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) belum memperoleh izin tertulis dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

"Maka siapa saja yang keberatan silakan sampaikan ke sana (DKPP), artinya bukan saya yang dituntut. Izin dari saya  terhadap salah seorang pegawai tersebut yaitu 14 hari setelah pelantikan baru dikeluarkan. Berdasarkan undang-undang apabila seseorang itu PNS dan jika diajukan maka kita harus memberikan izin untuk berpartisipasi sebagai penyelenggara pemilu," ujar Cek Mad.

Lihat pula: Hasil Seleksi Calon Anggota KIP, Peserta Ini Layangkan Keberatan ke DPRK

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten Aceh Utara, Dr. A. Murtala, M.Si., dikonfirmasi portalsatu.com, Selasa siang, mengatakan, awalnya memang dijadwalkan pelantikan terhadap lima komisioner KIP dilakukan hari ini. Namun, kata dia, untuk sementara waktu ditunda karena salah seorang peserta seleksi mengajukan keberatan terhadap hasil perekrutan calon anggota KIP Aceh Utara, sehingga pihaknya perlu mempelajari terlebih dahulu.

"Kita pun kemarin sudah mengadakan rapat Muspida di kantor bupati, dengan agenda penyampaian SK KPU RI dan disimpulkan pelantikan yang seharusnya jatuh pada hari ini (Selasa, 10 Juli 2018). Namun, kelima anggota KIP itu ditunda pelantikan untuk sementara waktu, karena perlu dilihat kembali referensi-referensi baru. Artinya, bupati bukan menolak untuk melantik mereka, tetapi kita harus mempelajari dulu atas surat keberatan dari salah seorang peserta tersebut, dan kita menghargainya," ujar Murtala.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib, dijadwalkan melantik lima anggota KIP periode 2018-2023, di Aula Kantor Bupati, Selasa, 10 Juli 2018. Lima anggota KIP Aceh Utara tersebut Zulfikar, S.H., Fauzan Novi, S.Pd., Muhammad Sayuni, S.Kep., M.Kes., Muhammad Usman, S.Pd.I., dan Munzir, S.K.M.

Sekretaris KIP Aceh Utara, Hamdani, dikonfirmasi portalsatu.com, Senin, 9 Juli 2018 malam, mengatakan, pihaknya menerima SK KPU dikirim melalui e-mail, Minggu, 8 Juli 2018, sekitar pukul 17.01 WIB. "SK KPU RI tentang Pengangkatan Anggota KIP periode 2018-2023 sudah kita terima. Selanjutnya kelima anggota KIP itu dijadwalkan besok (Selasa) akan dilantik Bupati Aceh Utara di kantor bupati, sekitar pukul 14.00 WIB," kata Hamdani.

Hamdani mengatakan, masa kerja anggota KIP Aceh Utara periode 2013-2018 berakhir sejak Kamis, 5 Juli 2018. Menurut Hamdani, saat ini KIP Aceh Utara sedang kekosongan komisioner. "Seluruh tahapan (pemilu) dijalankan oleh sekretariat satuan kerja KIP Aceh Utara,” katanya. (Baca: Besok Anggota KIP Aceh Utara Dilantik)[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.