16 November 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Usai Dilantik, Ini Aktivitas KIP Lhokseumawe

...

  • Fazil
  • 11 July 2018 17:00 WIB

Para komisioner KIP Lhokseumawe. @PORTALSATU.COM/FAZIL
Para komisioner KIP Lhokseumawe. @PORTALSATU.COM/FAZIL

LHOKSEUMAWE - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe sudah melakukan rapat pleno  penyusunan dan pembagian divisi serta penentuan ketua KIP. Rapat itu dilakukan usai pelantikan lima anggota KIP Lhokseumawe periode 2018-2023, Senin, 9 Juli 2018.

Ketua KIP Lhokseumawe, Mohd. Tasar, BA., M.A., mengatakan, pembagian divisi untuk lima komisioner KIP sudah dilakukan usai pelantikan dan sekaligus penentuan ketua dalam rapat pleno tersebut. Pihaknya juga melakukan perbaikan di tingkat internal KIP untuk dapat meneruskan tugas-tugas ke depan dengan lancar. Selain itu, KIP saat ini sedang memfokuskan masa pencalonan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) sesuai Peraturan KPU RI.

"Pengajuan kouta caleg DRPK berdasarkan surat edaran KPU RI terbaru, untuk partai politik lokal peserta pemilu dapat memuat sebanyak 120 persen dari jumlah kursi pada setiap daerah pemilihan yang telah ditetapkan oleh KPU," kata Tasar kepada portalsatu.com, di ruang kerjanya, Rabu, 11 Juli 2018.

Tasar melanjutkan, untuk partai politik nasional, tetap mengikuti aturan nasional dengan kuota caleg maksimal 100 persen. Menurut dia, penyelenggara pemilu di tingkat kabupaten/kota hanya mengikuti instruksi atau peraturan yang telah dikeluarkan KPU RI.

"Apabila nanti ada parnas yang meminta haknya 120 persen, maka mereka bisa menyampaikan hal itu kepada pihak KPU untuk dapat diproses," ujar Tasar.

Tasar menambahkan, hasil rapat pleno lima komisioner KIP, juga dilakukan penjadwalan uji mampu baca Alquran terhadap bacaleg DPRK Lhokseumawe yang direncanakan pada 16-18 Juli 2018. Namun, kata dia, bisa jadi ada perubahan jadwal. 

"Akan tetapi sampai saat ini belum ada partai politik yang mendaftarkan bacaleg ke KIP. Yang sudah ada konfirmasi dari Partai Amanat Nasional (PAN) akan mendaftar besok (Kamis, 12 Juli 2018), dan Partai Demokrat pada 14 Juli 2018," ujar Tasar.

Tasar berharap partai politik baik parlok maupun parnas segera mendaftar bacaleg ke KIP Lhokseumawe. Karena dikhawatirkan jika nantinya ada kesalahan dalam administrasi, sehingga ketika pihaknya melakukan pleno berapa jumlah yang lulus atau tidak secara administrasi, maka tidak menimbulkan kecurigaan atau seakan KIP berpihak kepada satu pihak tertentu, padahal tidak demikian.

"Untuk itu, kita mengimbau kepada partai politik mari segera mendaftarkan bacaleg supaya dapat memudahkan dalam mengecek berkas bacaleg tersebut, apabila ada kendala dalam administrasi maka segera dapat ditangani," kata Tasar.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.