22 November 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Usai Putusan Hakim, HMI Lhokseumawe Serahkan Koin Untuk Mursidah

...

  • Fazil
  • 05 November 2019 18:20 WIB

Foto: Fazil/portalsatu.com
Foto: Fazil/portalsatu.com

LHOKSEUMAWE - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Lhokseumawe dan Aceh Utara menyerahkan sejumlah uang tunai hasil penggalangan koin untuk Mursidah (35), warga miskin Gampong Meunasah Mesjid, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe.

Koin itu diserahkan HMI kepada Mursidah, usai sidang pembacaan vonis majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Lhokseumawe terhadap wanita tersebut yang menjadi terdakwa perkara perusakan sebuah toko pangkalan gal elpiji 3 kg. Majelis hakim memvonis tiga bulan penjara dengan enam bulan masa percobaan kepada terdakwa Mursidah. Putusan itu dibacakan majelis hakim dalam sidang di Ruang Garuda PN Lhokseumawe, Selasa, 5 November 2019.(BacaInilah Putusan Majelis Hakim Pengadilan Lhokseumawe Untuk Mursidah)

Ketua Umum HMI Lhokseumawe, M. Atar, mengatakan, pihaknya turut menghadiri sidang putusan majelis hakim di PN Lhokseumawe terhadap Mursidah. Setelah sidang tersebut, pihaknya menyerahkan koin kepada Mursidah. Koin itu hasil penggalangan yang dilakukan karena HMI ingin keadilan hukum untuk Mursidah sebagai rakyat kecil.

"Hasil yang terkumpulkan dari galang koin itu memang tidak seberapa. Bukan dari segi jumlahnya yang perlu dilihat, tetapi kita ingin bagaimana hukum itu bisa seadil-adilnya ditegakkan kepada masyarakat kecil," kata Atar.

Atar menambahkan, aksi galang koin dan hasil sumbangan publik itu salah satu bentuk kepedulian masyarakat Kota Lhokseumawe dan sekitarnya terhadap Mursidah, dengan tujuan agar keadilan harus ditegakkan.

Menurut Atar, melihat putusan majelis hakim terhadap terdakwa Mursidah, itu agak sedikit memuaskan karena ia mendapatkan hukuman percobaan. 

"HMI tetap terus mengawal putusan tersebut. Apabila nantinya JPU akan melakukan upaya banding, maka kita pun siap mengawal proses hukum itu berlanjut hingga selesai," ujar Atar.

Diberitakan sebelumnya, massa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Lhokseumawe dan Aceh Utara menggelar aksi galang koin di Tugu Rencong, Simpang Kuta Blang, Lhokseumawe, Senin, 4 November 2019. Aksi itu sebagai solidaritas HMI menuntut keadilan bagi Mursidah (35), warga miskin Gampong Meunasah Mesjid, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, yang dituntut 10 bulan penjara terkait perkara dugaan perusakan dilatarbelakangi persoalan gas elpiji 3 kg.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.