19 April 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Uskup Agung Armenia Mengutuk Jerman

...

  • ANADOLU AGENCY
  • 08 June 2016 09:30 WIB

Uskup Agung Armenia, Aram Atesyan. @Anadolu Agency
Uskup Agung Armenia, Aram Atesyan. @Anadolu Agency

Uskup Agung Armenia, Aram Atesyan, mengirim surat kepada Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, berbunyi, ''Masalah perang Armenia tahun 1915 itu tidak ada hubungannya dengan Jerman.''

ANKARA - Uskup Agung Armenia di Istanbul mengutuk politisasi kematian orang-orang Armenia dan tentara Turki Ottoman pada tahun 1915 menyusul resolusi Jerman yang mengklaim sepihak pembunuhan itu sebagai genosida.

Dalam sebuah surat yang dikirimnya kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Uskup Agung Aram Atesyan mengatakan: 

"Seperti yang telah kita nyatakan berkali-kali sebelumnya, itu benar-benar menyedihkan bahwa sakit yang meninggalkan trauma antara orang-orang Armenia digunakan di arena politik." Ditulisnya, Selasa, 7 Juni 2016.

Uskup Agung mengatakan pihaknya menolak peristiwa adanya warga Jerman mengekspresikan pendapat atau membuat undang-undang tentang masalah yang tidak ada hubungannya dengan orang-orang Jerman.

Surat itu adalah pengembangan terbaru berikut gerakan simbolik Bundestag pekan lalu yang mengacu pada kematian orang-orang Armenia selama Perang Dunia I, dituduh sebagai genosida.

Turki selalu mengakui tragedi kematian di kedua belah pihak di Anatolia Timur ketika beberapa penduduk Armenia Ottoman bangkit dalam mendukung invasi pasukan Rusia.

Turki telah berulang kali menyerukan pembentukan sebuah komisi sejarawan internasional untuk menyelesaikan sengketa tersebut.[](tyb)

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.