18 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


[VIDEO] Monumen Samudra Pasai

...

  • portalsatu.com
  • 10 July 2019 11:00 WIB

Monumen Samudra Pasai di Gampong Beuringen, Geudong, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, adalah salah satu bangunan yang dibangun untuk mengenang kebesaran sejarah Samudra Pasai yang berjasa menyebarkan Islam ke seluruh Asia Tenggara.

Dalam kata sambutannya pada peresmian Museum Samudra Pasai, Selasa, 9 Juli 2019, yang berada di dekat Monumen, Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib mengatakan, anggaran pembangunan Monumen berasal dari APBN yang dibangun sejak 2015 hingga sekarang belum selesai. Sedangkan Museumnya berasal dari dana APBD.

Selama ini bila berbicara tentang Sejarah Samudera Pasai maka itu tak terlepas dari kehadiran Central Information of Samudra Pasai Haritage (CISAH) sebagai lembaga terbesar yang merawat, meneliti situs-situs tentang Samudra Pasai.
 
Ketua Cisah, Abel Pasai kepada portalsatu.com via WA menyampaikan, berharap pemerintah dapat memaksimalkan isi dan peran dari monumen itu sebagai penghargaan terhadap besarnya kiprah pendahulu.

"Karena jika itu semua dikelola dengan profesional, maka bukan tidak mungkin, itu akan menjadi daya tarik turis baik lokal maupun mancanegara, dan itu semua akan sangat menguntungkan ekonomi Aceh Utara kedepannya. Kita semua tahu bahwa Aceh Utara merupakan kawasan yang kaya akan tinggalan sejarahnya. Di sini juga titik awalnya kebangkitan politik Islam di Asia Tenggara, anugerah besar ini tentu tidak dimiliki oleh kabupaten lain di Indonesia," katanya.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.