17 September 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Wakil Ketua DPRK Lhokseumawe Minta Maaf Secara Tertulis, Wartawan Demo?

...

  • portalsatu.com
  • 29 October 2015 13:30 WIB

T. Sofianus, Wakil Ketua DPRK Lhokseumawe. @Dok.portalsatu.com
T. Sofianus, Wakil Ketua DPRK Lhokseumawe. @Dok.portalsatu.com

"Yang tanpa kami sadari atau mungkin karena kami terlalu bersemangat dalam merespon tuntutan para mahasiswa sehingga mengeluarkan kata-kata yang sedikit berlebihan yang menyinggung perasaan profesi wartawan..."

LHOKSEUMAWE – Wakil Ketua DPRK Lhokseumawe T. Sofianus menyampaikan permohonan maaf secara tertulis kepada para wartawan. Surat pernyataan permohonan maaf itu dikirim ke sejumlah organisasi profesi wartawan di Lhokseumawe, Kamis, 29 Oktober 2015. Bersamaan dengan itu, para wartawan tengah bersiap-siap untuk menggelar aksi demo ke DPRK Lhokseumawe.

Informasi diperoleh portalsatu.com, pernyataan permohonan maaf T. Sofianus secara tertulis dikirim ke Sekretariat Persatuan Wartawan Aceh (PWA) di Lhokseumawe, sekitar pukul 11.45 WIB tadi. Tidak lama kemudian, surat pernyataan yang sama diterima pihak Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Utara-Lhokseumawe.

Ketua Umum PWA, Maimun Asnawi dihubungi sekitar pukul 12.05 WIB tadi, mengatakan, ia mendapat informasi dari salah seorang anggotanya melalui telpon seluler bahwa di sekretariat organisasi profesi wartawan ini ada surat pernyataan permohonan maaf dari T. Sofianus yang baru saja diantar oleh staf Sekretariat DPRK Lhoskeumawe.

“Sekarang kami sedang bersama rekan-rekan wartawan di Seuramoe Kupi (Lhokseumawe), termasuk Bang Sayuti (Ketua PWI Aceh Utara-Lhokseumawe). Ini sedang persiapan aksi demo ke DPRK Lhokseumawe sebagai bentuk protes terhadap pernyataan Wakil Ketua DPRK Lhokseumawe T. Sofianus yang melecehkan profesi wartawan di depan para mahasiswa yang sedang demo, kemarin. Aksi demo para wartawan nanti sekitar pukul 14.00 WIB,” ujar Maimun.

Informasi tentang rencana aksi demo (unjuk rasa) para wartawan ke DPRK Lhokseumawe juga disampaikan Rahmad YD, fotografer LKBN Antara. Ia bersama kawan-kawannya tengah menyiapkan sejumlah poster, termasuk pernyataan sikap protes terhadap Wakil Ketua DPRK Lhokseumawe, T. Sofianus yang dinilai telah melecehkan profesi wartawan.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRK Lhokseumawe T. Sofianus dalam pernyataan tertulis dikirim ke PWA mengatakan, ia secara pribadi maupun selaku pimpinan DPRK memohon maaf kepada para wartawan.

“Baik secara pribadi maupun selaku pimpinan DPRK Lhokseumawe, saya T. Sofianus memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada mass media, baik media cetak, media online maupun media elektronik atas sikap maupun ucapan saya tatkala merespon tuntutan para mahasiswa dalam demo memperingati Hari Sumpah Pemuda di halaman depan Kantor DPRK Lhokseumawe pada Rabu tanggal 28 Oktober 2015,” tulisnya.

“Yang tanpa kami sadari atau mungkin karena kami terlalu bersemangat dalam merespon tuntutan para mahasiswa sehingga mengeluarkan kata-kata yang sedikit berlebihan yang menyinggung perasaan profesi wartawan, padahal sedikit pun kami tidak bermaksud demikian, saya selaku manusia biasa mohon maaf yang sebesar-besarnya terhadap kekhilafan ini,” tulis T. Sofianus lagi.

Berikut isi pernyataan permohonan maaf T. Sofianus, Wakil Ketua DPRK Lhokseumawe versi asli sebagaimana yang dikirim ke PWA:

Lhokseumawe, 29 Oktober 2015

Yang terhormat,

Pimpinan

Persatuan Wartawan Aceh (PWA)

Kota Lhokseumawe

Di

Tempat

Perihal: Permohonan Maaf

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pada hari ini Kamis, tanggal 29 Oktober 2015, baik secara Pribadi maupun selaku Pimpinan DPRK Lhokseumawe, saya T.Sofianus memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada Mass Media, Baik Media Cetak, Media Online maupun Media Elektronik atas sikap maupun ucapan saya tat kala merespon tuntutan para mahasiswa dalam demo memperingati Hari Sumpah Pemuda di halaman Depan Kantor DPRK Lhokseumawe Pada Rabu tangal 28 Oktober 2015, yang tanpa kami sadari atau mungkin karena kami terlalu bersemangat dalam merespon tuntutan para mahasiswa sehingga mengeluarkan kata-kata yang sedikit berlebihan yang menyinggung perasaan profesi wartawan, padahal sedikitpun kami tidak bermaksud demikian, saya selaku manusia biasa mohon maaf yang sebesar-besarnya terhadap kekhilafan ini, mengingat mass media yang berada dikota Lhokseumawe dan sekitarnya merupakan mitra bagi kami lembaga DPRK Lhokseumawe, semoga kedepannya ini menjadi pelajaran bagi saya serta berharap dapat terus menjalin hubungan kerja kedepan dengan lebih baik dan harmonis dan sekali lagi harapan saya agar pernyataan yang saya lontarkan tersebut dengan tanpa kesengajaan agar dapat dimaafkan.

Wabillahitaufiq Walhidayah,

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hormat kami,

T.Sofianus

Wakil Ketua DPRK Lhokseumawe

Editor: IRMANSYAH D GUCI

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.