28 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Walhi Aceh Temukan Tambang Emas Ilegal di Sungai dan Kebun

...

  • PORTALSATU
  • 12 October 2020 20:20 WIB

Muhammad Nur. Foto: dok./istimewa
Muhammad Nur. Foto: dok./istimewa

MEULABOH - Di sejumlah hulu sungai dan tepi kampung pedalaman Aceh Barat dilaporkan ditemukan lokasi bekas maupun sedang digali untuk mengambil emas secara ilegal.

Menanggapi informasi tentang maraknya pembukaan tambang emas ilegal di pedalaman Aceh Barat, Direktur Eksikutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Aceh, Muhammad Nur, mengatakan selain di Aceh Barat, pihaknya juga menemukan pertambangan ilegal juga masih aktif di beberapa daerah lain seperti Pidie, Aceh Tengah, Nagan Raya, dan Aceh Selatan.

"Pertambangan emas ilegal merupakan persoalan yang kompleks di Aceh. Karena banyak faktor yang melatarbelakangi kegiatan ilegal tersebut terus terjadi. Tidak hanya faktor ekonomi, diduga faktor politik juga ikut memberi andil. Sehingga penegakan hukum yang dilakukan selama ini belum menjadi efek jera terhadap pelaku," kata Muhammad Nur, Senin,12 Oktober 2020.

Di sisi lain, kata Muhammad Nur, proses hukum umumnya baru mampu menjerat pekerja lapangan. "Belum tersentuh aktor utama, baik sebagai pemilik modal atau pemasok merkuri dan bahan bakar minyak (BBM)," ungkapnya.

Menurut Muhammad Nur, ada beberapa pola pertambangan emas ilegal di Aceh, seperti pola lobang di pegunungan dan mengeruk sungai dalam hutan lindung. Walhi Aceh juga menemukan praktik pertambangan emas ilegal dalam sungai di kawasan pemukiman dan kebun masyarakat.

Muhammad Nur menegaskan negara harus melakukann upaya terpadu untuk menertibkan kegiatan ilegal tersebut. Karena kondisi saat ini praktik pertambangan emas ilegal mulai menggunakan alat dan teknologi. ”Artinya, dampak negatif terhadap lingkungan akan terjadi dengan masif,” kata Direktur Eksekutif Walhi Aceh.[](Azhar Sigege)

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.