09 April 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Wali Kota Banda Aceh Instruksikan Tutup Sementara Warung Kopi

...

  • Fakhrurrazi
  • 22 March 2020 21:25 WIB

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman. Foto: istimewa
Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman. Foto: istimewa

BANDA ACEH - Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, menginstruksikan menutup sementara tempat keramaian seperti Pelabuhan Ulee Lheu dan warung kopi. Langkah ini untuk mencegah penyebaran Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 di Kota Banda Aceh.

Instruksi tersebut dikeluarkan Wali Kota Banda Aceh setelah adanya kesepakatan bersama Forkopimda sebagai tindak lanjut Surat Gubernur Nomor: 440/5242 tertanggal 22 Maret 2020, yang ditujukan kepada Wali Kota Banda Aceh untuk menutup sementara tempat keramaian di ibu kota Provinsi Aceh.

"Lokasi wisata seperti Ulee Lheu, warung kopi, kafe, tempat karaoke, wahana permainan dan pusat hiburan lainnya diinstruksikan untuk ditutup sementara waktu sampai ada pemberitahuan lebih lanjut," kata Aminullah Usman dalam keterangannya, Ahad, 22 Maret 2020.

Menurut Aminullah, penyebaran Covid-19 sangat cepat dan rentan terjadi di tempat-tempat keramaian. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dengan langkah-langkah preventif menutup sementara tempat keramaian, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Kita ambil kebijakan ini karena imbauan menjauhi keramaian sepertinya belum mendapat perhatian serius warga, padahal ini langkah antisipasi untuk menjaga diri, keluarga dan sesama. Mari kita sayangi diri, keluarga dan semuanya,” ujar Aminullah.

Khusus untuk Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, akan disiapkan prosedur penanganan evakuasi Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 dari Sabang dan Pulau Aceh.

Aminullah juga menegaskan bagi para pengusaha kafe, warung kopi, dan pusat hiburan yang melanggar akan diproses sesuai peraturan perundang-undangan berlaku yang tertuang dalam Maklumat Kapolri.

Sementara itu, masyarakat diminta menahan diri, tetap berada di rumah dan mengikuti protokol kesehatan dikeluarkan pemerintah untuk sementara waktu.

Menindaklanjuti kebijakan ini, Wali Kota Banda Aceh meminta Satpol PP dibantu Polri dan TNI melakukan pengawasan agar instruksi tersebut berjalan sebagaimana mestinya.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.