26 March 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Wali Kota Ini Tawarkan Hadiah Jika Bisa Bunuh Penjahat

...

  • PORTALSATU
  • 20 May 2016 21:30 WIB

ILUSTRASI. @IST
ILUSTRASI. @IST

Manila: Wali Kota Cebu, Filipina menawarkan hadiah uang bagi polisi atau warganya yang berhasil membunuh atau melukai pelaku tindak kriminal.

Langkah ini sesuai dengan rencana presiden terpilih Filipina Rodrigo Duterte yang mengatakan akan menghabisi para penjahat.

Seperti dilansir Channel News Asia, Jumat (20/5/2016), wali kota Cebu, Tomas Osmena menyediakan hadiah uang 5.000 peso atau Rp1,4 juta bagi yang melukai, sedangkan hadiah 50 ribu peso atau Rp14,5 juta bagi yang bisa membunuh penjahat.

Hal ini disampaikan Osmena saat memberikan hadiah 20 ribu peso kepada Juliyus Sadaya Regis, polisi Cebu yang berhasil melumpuhkan dua orang perampok pada Selasa lalu.

Osmena menekankan pembunuhan para penjahat harus dilakukan sesuai hukum, artinya orang tersebut harus terbukti melakukan tindakan kejahatan, dan ditembak dengan pistol atau senapan yang memiliki izin.

Ia tidak mengatakan dari mana uang hadiah itu berasal. Namun dia menegaskan bahwa hadiah itu tidak diambil dari anggaran pemerintah kota.

Pemberian hadiah terhadap pembunuh penjahat oleh Osmena ini disampaikan menyusul rencana Duterte untuk membunuh 100 ribu penjahat ketika resmi memimpin Filipina nanti. Mayat penjahat itu, kata Duterte, akan dibuang ke Manila Bay untuk menjadi makanan ikan.

Osmena mengatakan bahwa rencananya tidak terinspirasi oleh Duterte. "Saya tidak terinspirasi oleh dia. Tapi saya kira dia melakukan hal yang benar," ujar Osmena.[] Sumber: metrotvnews.com

Editor: IRMANSYAH D GUCI

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.