17 June 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Warga Aceh Barat Mulai Terserang ISPA

...

  • RISKI BINTANG
  • 25 July 2017 17:20 WIB

ilustrasi
ilustrasi

MEULABOH – Kebakaran lahan gambut di beberapa kecamatan di Aceh Barat mulai memakan korban. Banyak warga mulai mengeluh terkena gangguan pernafasan dan di antaranya terpaksa dibawa ke RSUD Cut Nyak Dhien, Meulaboh.

Informasi yang diperoleh dari Kabid Pelayanan Medis RSUD CND dr. Eman Tuantha Subakti, hingga saat ini sudah tercatat sebanyak 23 pasien yag dirawat di IGD lantaran mengalami infeksi saluran pernafasan (Ispa).

"Iya benar, ada beberapa pasien yang dibawa ke rumah sakit yang mengeluh sesak nafas dan gangguan lainnya karena dampak asap tersebut,” katanya, Selasa, 25 Juli 2017.

Dari jumlah itu 17 di antaranya anak-anak dan 6 orang dewasa.

Ketebalan kabut asap saat ini di Aceh Barat membuat kondisi udara yang tidak normal. Kondisil ini sangat jelas terlihat saat pagi dan malam hari. Tebalnya kabut asap juga membuat jarak pandang saat berkendara menjadi terbatas.

dr. Eman juga menjelaskan selain gangguan pernafasan dampak dari kabut asap kebakaran lahan gambut juga dapat memicu penyakit lainnya dengan dampak terparah bisa menyebabkan Pneumonia.

"Selain sesak nafas juga dapat menyebabkan infeksi mata yang terparah itu kabut asap dapat memicu adanya pneumonia atau disebut dengan inflamasi pada kantong paru-paru," terang Eman.

Warga diimbau tidak keluar rumah jika tidak terlalu penting apalagi jika kabut asap kembali menebal.[]

Editor: IHAN NURDIN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.