24 April 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Warga Beutong Ateuh Banggalang Ingin Kejelasan Izin Lingkungan ULPLTD

...

  • Rino
  • 14 April 2019 08:30 WIB

@Rino
@Rino

NAGAN RAYA - Warga Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang kini dihadapkan dengan hal lain pascamenolak proyek pertambangan emas PT EMM. Hal ini berkaitan dengan terbitnya pengumuman permohonan izin lingkungan operasional Unit Layanan PLTD di kecamatan tersebut. 

Ketua Pemuda Desa Blang Meurandeh, Malikul Yahya, mengatakan, warga mengaku kebingungan tiba-tiba muncul selebaran pengumuman permohonan izin lingkungan operasional Unit Layanan PLTD atas nama PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Meulaboh. Selebaran ditempel pihak terkait pada Kamis, 11 April lalu. 

Pada hari itu, warga tidak terlalu memperhatikan adanya selebaran tersebut karena tengah sibuk menggelar aksi di kamp pekerja PT EMM. Surat tersebut berisi imbauan agar masyarakat menyampaikan saran, pendapat, dan tanggapan (SPT) terkait permohonan izin lingkungan operasional Unit Layanan PLTD di Desa Blang Meurandeh. 

"Waktu kita tanya sama orang PLN, tidak paham katanya. Katanya, disuruh dinas, ditempel terus. Biasanya, untuk diterbitkan izin lingkungan, sesuaikan dengan amdal dulu. Duluan amdal, ini kok surat itu duluan yang diperlihatkan ke kita?" kata Yahya, dihubungi portalsatu.com, usai warga menggelar rapat pascamunculnya selebaran tersebut, Sabtu malam (13/4/2019).

Tuha Peut (setingkat badan permusyawaratan desa) Desa Blang Meurandeh, Budiman B, mengatakan, warga setempat ingin kejelasan mengenai izin lingkungan operasional ULPLTD di tempat mereka. Jika tidak, nasib ULPLTD tersebut sama seperti PT EMM. 

"Kalau tidak ada penjelasan, tidak bisa kita menerima, kita menolak!" tegas Budiman. 

Dalam surat yang salinannya diterima portalsatu.com, tertulis, warga diberi jangka waktu 5 hari untuk memberi saran, pendapat, dan tanggapan (SPT, pascapengumuman. SPT tersebut dapat disampaikan dengan mencamtumkan identitas pribadi yang jelas. 

Sebagai informasi, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel disebut juga PLTD adalah pembangkit listrik yang menggunakan mesin diesel sebagai penggerak awal. Penggerak ini merupakan peralatan yang mempunyai fungsi menghasilkan energi mekanis untuk memutar rotor generator.

PLTD biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dalam jumlah kecil. Terutama, daerah baru terpencil, pedesaan, hingga pabrik.[]

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.