29 October 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Warga Gayo Lues Positif Covid-19 Bertambah Jadi 51 Orang, Sekolah Bakal Ditutup?

...

  • Win Porang
  • 24 September 2020 19:30 WIB

 Suhaidi, Kepala BPBD/Ketua Pelaksana Harian Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Gayo Lues. Foto: Win Porang
Suhaidi, Kepala BPBD/Ketua Pelaksana Harian Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Gayo Lues. Foto: Win Porang

BLANGKEJEREN - Pasien positif Covid-19 hasil uji swab di Kabupaten Gayo Lues terus mengalami peningkatan di tengah memudarnya kepercayaan masyarakat terhadap virus yang mematikan itu. Berdasarkan data tim gugus setempat, pasien positif virus korona bertambah lima orang dari sebelumnya 46 orang.

Suhaidi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Ketua Pelaksana Harian Tim Gugus Tugas Covid-19 Gayo Lues, Kamis, 24 September 2020, di Balai Musara Blangkejeren, mengatakan sampel swab yang dikirimkan petugas sebelumnya ke Banda Aceh telah keluar hasilnya, pasien positif virus korona bertambah lima orang lagi.

"Total pasien positif Covid-19 hingga hari ini sudah mencapai 51 orang, 36 orang dirawat di Balai Latihan Kerja (BLK) dan Rumah Sakit Umum Muhammad Ali Kasim (RSUMAK), 15 orang sudah sembuh, dan satu orang meninggal dunia," katanya.

Menurut Suhaidi, lima pasien positif virus korona hasil uji swab itu berasal dari kota Blangkejeren dua orang, Desa Gele satu orang, Desa Sentang satu orang, dan Desa Bustanusalam satu orang. Semuanya dalam Kecamatan Blangkejeren yang merupakan penyebaran dari pasien positif sebelumnya.

"Kegiatan sosial harus segera dihentikan, begitu juga dengan kerumunan di tempat umum, ini akan menjadi perhatian serius kita ke depan. Sedangkan untuk anak sekolah, kemungkinan minggu depan sudah ditutup, dan kembali belajar dari rumah seperti sebelumnya," jelasnya.

Suhaidi menambahkan tim gugus akan menjalankan Peraturan Bupati Nomor 26 terkait protokol kesehatan. Bagi warga yang melanggar akan dikenakan sanksi termasuk denda. Sebab, jika masyarakat tidak mau mematuhi protokol kesehatan, kemungkinan kasus positif Covid-19 di Gayo Lues akan terus bertambah.

"Berdasarkan pengakuan pihak Provinsi Aceh, posisi Gayo Lues saat ini sudah masuk ke dalam zona merah. Namun, kami belum menerima surat secara resmi terkait Gayo Lues masuk zona merah ini. Untuk itu kami mengimbau masyarakat mematuhi protokol kesehatan, pakailah masker, dan rajin mencuci tangan," ucap Suhaidi.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.