29 September 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Warga Kabupaten Tetangga Positif Covid-19, Gayo Lues Siapkan 11 Tempat Tidur Pasien Corona

...

  • Win Porang
  • 13 August 2020 14:30 WIB

Wakil Bupati Gayo Lues bersama pihak terkait meninjau 11 tempat tidur dipersiapkan untuk pasien Covid-19 di RSU MAK. Foto: Win Porang
Wakil Bupati Gayo Lues bersama pihak terkait meninjau 11 tempat tidur dipersiapkan untuk pasien Covid-19 di RSU MAK. Foto: Win Porang

BLANGKEJEREN - Pemerintah Kabupaten Gayo Lues terus berupaya mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19 menyusul lonjakan pasien positif corona di Aceh. Selain memperketat pengamanan di pos perbatasan, Pemda setempat juga menyiapkan ruangan bagi pasien OTG dan 11 tempat tidur jika ada pasien positif tertular virus corona.

Wakil Bupati Gayo Lues, H. Said Sani, bersama Sekda H. Thalib, Wakapolres, perwakilan Kodim, Asisten Sekda, Ketua Harian Tim Gugus Tugas Covid-19, Kadis Kesehatan dan pejabat instansi lainya, Kamis, 13 Agustus 2020, meninjau kesiapan gedung BLK sebagai tempat pasien OTG dan melakukan launching Ruang Rawat Pinere RSUD Muhammad Ali Kasim (MAK).

Di gedung BLK, Wakil Bupati mengelilinggi ruangan guna memastikan kesiapan dalam menghadapi pasien OTG. Sedangkan di RSUD, ruangan dan tempat tidur dipastikan dalam keadaan nyaman supaya jika ada pasien Covid-19 nantinya betah berada di ruangan.

"Kami Pemerintah Kabupaten Gayo Lues mengimbau kepada masyarakat agar selalu memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan. Jangan percaya dengan informasi yang tidak benar. Masalah Covid-19 ini diawasi semua pihak, bukan dibuat-buat untuk mendapatkan anggaran, dan saat ini sudah ada yang positif Covid di kabupaten tetangga," kata Said Sani.

Wakil Bupati juga meminta kepada masyarakat agar jangan mau membeli barang dagangan jika si penjual tidak memakai masker. Sebab, virus corona tidak terlihat dan bisa menular dengan sangat cepat kepada siapapun.

"Kita akan berupaya menertibkan masyarakat agar selalu memakai masker, baik saat berkendaraan maupun saat berada di tempat umum. Ini semua kita lakukan supaya tidak ada lagi masyarakat kita yang tertular virus corona. Polisi Lalu Lintas dan Satpol PP akan melakukan operasi ke tempat ramai dan jalan lintas," jelasnya.

Direktur RSUD MAK Gayo Lues, dr. Mutia, mengatakan setelah mendapat instruksi dari Gubenur Aceh terkait penyediaan fasilitas bagi pasien Covid-19, RS Gayo Lues langsung menyiapkan ruangan berisi 11 kamar dan akan menyiapkan tempat isolasi bagi tenaga medis yang menangani pasien positif corona.

"Instruksi Gubenur Aceh itu mewajibkan 10 persen tempat tidur di setiap RS digunakan untuk menangani pasien Covid. Di RS kita ini jumlah tempat tidur 106, jadi 11 tempat tidur yang disediakan. Sedangkan tenaga medis yang menagani pasien Covid jumlahnya mencapai 35 orang, itu tergabung dari dokter spesialis, dookter umum dan lainya," kata Mutia.

RSU MAK, kata Mutia, siap menangani pasien Covid-19. Namun untuk menghindari virus itu, dia juga berharap masyarakat selalu waspada, mengurangi perjalanan keluar daerah, dan selalu menjaga pola hidup sehat.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.