23 January 2018

Kabar Aceh Untuk Dunia


Warga Minta Bupati Nagan Buat Pos Pengaduan Dana Desa

...

  • RISKI BINTANG
  • 11 January 2018 23:20 WIB

SUKA MAKMUE Masyarakat meminta Bupati Nagan Raya H. M Jamin Idham membuka pos pengaduan khusus terkait dugaan penyimpangan dan penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (DD-ADD).

Permintaan itu diajukan karena selama ini dinilai banyak laporan warga terkait Dana Desa selalu mengendap dan tidak pernah ditindaklanjuti, meski laporan itu dilengkapi bukti-bukti permulaan yang cukup.

“Mungkin melalui Pos Pengaduan yang langsung dikendalikan oleh Bupati dan Wakil Bupati, akan terjadi perubahan d imana laporan warga lebih cepat di respons,” kata Nurdin, 45 tahun, warga Darul Makmur.

Nurdin berharap, dengan menerima laporan langsung dari warga melalui pos pengaduan, Bupati bisa menggerakkan instrumennya seperti Inspektorat untuk menindaklanjuti laporan masyarakat.

Terkait hal tersebut, Ketua DPD Partai Perindo Nagan Raya, Zainuddin S.Pd menilai, pos pengaduan adalah sebuah solusi memancing partisipasi publik guna mengawasi kinerja aparatur pemerintahan di pedesaan.

“Secara warga, saya mendukung bila Bupati membuka pos pengaduan. Dengan itu, secara tidak langsung telah mendorong warga untuk berperan aktif dalam pembangunan,” katanya, Kamis, 11 Januari 2018.

Hal senada juga disampaikan Muslem. Pos pengaduan menurut mantan ketua DPC Partai Hanura Nagan Raya itu, memiliki dua keuntungan. Pertama, memangkas rentang birokrasi “rumit”.

Kedua, membantu Bupati dan Wakil Bupati dalam mengawasi kinerja aparatur di bawahnya. Karena tampa diminta, warga atas kesadaran sendiri akan memberikan laporan.

“Ini baik menurut saya. Soal teknis pelaksanaanya agar pos pengaduan itu bisa bermanfaat dan berdaya guna, kita percayakan kepada Bupati dan Wakil Bupati,” kata Muslem.[]

Editor: IHAN NURDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.