20 May 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Warga Miskin Penderita Leukemia Ini Butuh Bantuan Dermawan

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 14 August 2018 20:40 WIB

Ketua Lazismu, Farhan Zuhri bersama Wakil Ketua Bidang Keuangan, Rahmawati, menyerahkan bantuan kepada istri Irwansyah disaksikan Jalaluddin, di RSUD Cut Meutia, 14 Agustus 2018. @Ist
Ketua Lazismu, Farhan Zuhri bersama Wakil Ketua Bidang Keuangan, Rahmawati, menyerahkan bantuan kepada istri Irwansyah disaksikan Jalaluddin, di RSUD Cut Meutia, 14 Agustus 2018. @Ist

LHOKSUKON - Irwansyah, 50 tahun, penderita leukemia (kanker darah) asal Gampong Uteun Bayi, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Meutia dalam kondisi kritis, Sabtu, 11 Agustus 2018. Pasien dibawa oleh Jalaluddin, M.Kes., dari Komunitas Bedah Rumah Kuam Dhuafa Al-Birru. 

"Saat saya bawa ke rumah sakit, kondisinya kritis dan tidak sadarkan diri dengan HB (hemoglobin) sangat rendah, hanya 5, dan mengharuskannya transfusi darah. Awalnya kita kesulitan karena golongan darahnya A+, jadi agak susah mencarinya. Namun, akhirnya kita dapat dua kantong darah tersebut. Hasil pemeriksaan menyatakan, Irwansyah menderita leukemia. Saat ini, ia dirawat di Ruang RJK," ujar Jalaluddin, dihubungi portalsatu.com, Selasa, 14 Agustus 2018.

Jalaluddin menyebutkan, di rumah sakit milik pemerintah Aceh Utara itu, Irwansyah dijaga oleh istrinya, Narullita, 47 tahun. Sementara tiga anaknya tinggal di rumah. “Selama ini mereka menumpang tinggal di Kampus Al-Muslim, Cunda (Lhokseumawe), karena Irwansyah bekerja sebagai cleaning service di sana. Tadi anak-anaknya minta diantar ke RS, sudah saya antar,” ucapnya.

Menurut dia, awalnya pihak keluarga minta Irwansyah dirujuk ke rumah sakit di Medan, Sumatera Utara. Karena, di Medan ada sanak keluarganya. “Namun tadi setelah dokter masuk, katanya jangan dirujuk dulu, biarlah pasien melewati masa kritis. Kondisi Irwansyah saat ini sudah sadar, tapi belum bisa bicara dan hanya menggunakan bahasa isyarat,” kata Jalaluddin.

Irwansyah merupakan warga miskin yang membutuhkan perhatian kaum dermawan. “Jangankan untuk membeli makan istrinya yang menjaga Irwansyah di rumah sakit, untuk beli air mineral saja tidak punya uang,” ujarnya.

Menurut Jalaluddin, sejauh ini baru ada bantuan Rp1 juta dari Lazismu. “Bantuan lain belum ada, paling hanya secara pribadi dari saya untuk kebutuhan beli nasi bagi anak-anak dan istri Irwansyah,” kata Jalaluddin.

Ketua Lazismu Lhokseumawe, Farhan Zuhri, membenarkan pihaknya menyerahkan bantuan Rp1 juta kepada keluarga Irwansyah. Bantuan itu diserahkan Farhan didampingi Wakil Ketua Bidang Keuangan Lazismu, dr. Rahmawati, Sp.PD., Selasa siang tadi. “Kita memberikan biaya pendampingan bagi keluarga Pak Irwansyah yang menderita kanker darah,” ujarnya.[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.