15 December 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Warga Tiga Dusun di Aceh Utara Masih Terisolir

...

  • CUT ISLAMANDA
  • 05 December 2017 22:20 WIB

Banjir di Kecamatan Langkahan, Aceh Utara. @istimewa
Banjir di Kecamatan Langkahan, Aceh Utara. @istimewa

LHOKSUKON – Kondisi banjir yang merendam dua gampong di Kecamatan Langkahan, Aceh Utara, mulai surut, Selasa, 5 Desember 2017. Namun demikian, ratusan warga masih mengungsi, bahkan tiga dusun masih terisolir.

“Ada tiga dusun yang terisolir di Gampong Leubok Pusaka, yaitu Dusun Ketok, Sarah Raja dan Bina Baru. Terdapat 76 Kepala Keluarga (KK) dengan 304 jiwa di sana. Kemarin, ketinggian air di tiga dusun itu di atas 1 meter, sedangkan hari ini sudah sedikit surut, namun masih belum bisa dilalui mobil. Untuk menuju ke lokasi harus menggunakan perahu atau boat,” ujar Kapolres Aceh Utara AKBP Ahmad Untung Surianata, melalui Kapolsek Langkahan Ipda Samsul Bahri, saat dihubungi portalsatu.com, Selasa malam.

Samsul mengatakan di Gampong Leubok Pusaka, Dusun Tanah Merah, terdapat 34 KK dengan 170 jiwa yang mengungsi di tiga titik. Sementara di Dusun Bidari terdapat satu titik pengungsi 9 KK dengan 36 jiwa.

“Di Gampong Buket Linteung, sebanyak 83 KK dengan 249 jiwa dari empat dusun juga mengungsi, meliputi Dusun Teungoh, Leubok Muku, Pateng dan Kareung. Mereka mengungsi di Musala dan Pustu. Selain merendam rumah warga, banjir juga merendam sejumlah fasilitas umum dan kebun,” kata Ipda Samsul Bahri.

Samsul menyebutkan, pukul 13.00 WIB tadi, Selasa, ada penyerahan bantuan dari Dinas Sosial untuk korban banjir di Leubok Pusaka dan Buket Linteung. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Camat Langkahan, M Jamil.

“Semua bantuan diserahkan ke masing-masing geuchik. Untuk tiga dusun yang terisolir, bantuannya juga diserahkan ke geuchik yang akan disalurkan kepada para korban banjir,” kata Ipda Samsul Bahri.[]

Editor: BOY NASHRUDDIN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.