18 February 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Apa yang dilakukan Setelah Shalat Jumat?

...

  • portalsatu.com
  • 02 November 2019 08:00 WIB

Masjid kubah emas. @Kumparan
Masjid kubah emas. @Kumparan

Sebagai penghulu hari, Jumat memiliki ritus shalat yang khusus. Keutamaannya disebut sebagai haji kecil dan menjadi penebus bagi kesalahan ringan dalam sepekan ini. Shalat jumat pun menjadi ajang konsolidasi umat dalam hal ibadah dan tanggung jawab sosial. Idealnya, ibadah shalat jumat dapat membangun energi baru yang positif dan dinamis agar kuat melampaui satu pekan ke depan.

Bila nyatanya hanya terasa hambar dan tak berefek, maka itu justeru datang dari kelalaian diri tentang makna jumat atau karena kesibukan padat yang mengikis rasa spiritual. Sehingga ibadah jumat hanya sebagai ritus belaka.

Setelah shalat selesai dikerjakan, Allah Memandu"  dalam surat Al-jumuah, dengan seruan "bertebarlah di buka bumi dan raihlah dengan gigih dari keutamaan yang Allah Sediakan serta teruslah mengingatNya dari waktu ke waktu".

Dalam seruan di atas ada dorongan untuk kembali "memikirkan" dunia dan mengupayakan segenap daya untuk "berkarya/berkreativitas" dalam misi mencapai keutamaan Allah pada bidang apapun: ilmu, sains, profesional, pengabdian, kerja sosial-ekonomi dst. Dengan catatan, hendaknya setiap aspek aktivitas kita sebagai "zikir" (tidak berseberangan dengan syariat) kepadaNya. Bila tanpa unsur ini, maka rugilah kita. 

Adapun dorongan di atas menjadi pertanda bahwa ajaran Islam tidak semata ritus personal tetapi melingkupi seluruh aspek yang menjadi sarana ibadah dalam arti yang luas. Dengan kata lain, ibadah dan kreativitas dapat bersanding selama dalam koridor yang relevan dengan tuntunan Islam.[]

Taufik Sentana
Ikatan Dai Indonesia. Kabupaten Aceh Barat.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.