23 October 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Adakah Taman Surga di Bumi?

...

  • portalsatu.com
  • 20 January 2019 08:00 WIB

Oleh: Taufik Sentana*

Tentu tak akan sampai pandangan dan gerak imaji kita untuk menggambarkan Taman Surga yang Abadi. Namun dalam banyak nash, baik Alquran atau Hadis, Surga dan kelezatan di dalamnya memang Allah tampakkan karakteristiknya, seperti sungai yang mengalir jernih dengan aneka rasa,  pohon pohon yang buahnya lebat dan  dahannya rendah, minuman dan gelas gelas yang tersusun rapi serta apapun yang kita inginkan.

Sebelum sampai kepada Taman Surga yang dijanjikan itu, saat di alam barzah, hamba yang diridhai amal salihnya juga akan ditampakkan baginya Taman Surga tersebut.

Bagaimana dengan di bumi kita ini, apakah ada taman surga? Berdasarkan keterangan Baginda Nabi Muhammad SAW, taman surga di bumi merupakan analogi yang menguatkan akal kita sehingga terpantik keinginan untuk mereguhnya. Kata Baginda, taman surga yang di bumi itu adalah setiap majelis di bumi yang di dalam disebut nama Allah. Yaitu setiap majelis dan pertemuan yang di dalamnya kita mempelajari kitab Allah, kebesaran-Nya dan setiap majelis yang di dalamnya tidak ada kesia-siaan, pertikaian, permusuhan dan senda gurau. Dalam majelis itu, kata Baginda, bersenang-senanglah, nikmatilah setiap lafaz dan aktivitas yang ada di majelis ilmu. Bukan seperti "majelis"/ruang program televisi yang bising dan penuh hiburan yang melalaikan dan bahkan terkadang mangandung maksiat.

Semoga kita dapat selalu meringankan langkah kaki ini ke setiap majelis ilmu yang merupakan bagian dari Taman Surga, sebab hakikatnya jalan ilmu yang kita tempuh itu hanyalah untuk mengakui Keberadaan dan Keberan-Nya.[]

*Taufik Sentana
Sang Faqir akan Ilmu-Nya.

Editor: THAYEB LOH ANGEN

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.