05 June 2020

Kabar Aceh Untuk Dunia


Anjuran Membaca Surah Yasin di Malam Nisfu Sya'ban

...

  • OKEZONE
  • 07 April 2020 12:00 WIB

@shutterstock
@shutterstock

Salah satu malam yang paling dinanti dan diagungkan oleh umat Islam adalah Malam Nisfu Sya’ban (15 Syaban).

Waktu ini juga disebut dengan Lailatul Baro'ah artinya malam pengampunan dosa, malam berdoa dan malam pembebasan, saat semua buku amal ibadah manusia ditutup dan diganti dengan lembaran baru. Tahun ini nisfu sya’ban akan jatuh pada Rabu, 8 April 2020.

Menurut Imam Asy Syafii, doa yang dikabulkan oleh Allah SWT pada 5 malam, yaitu malam Jumat, malam Idul Fitri, malam Idul Adha, malam pertama bulan Rajab, dan malam Nisfu Syaban.

Rasulullah SAW bersabda: "Allah Ta'ala memberikan perhatian-Nya kepada seluruh makhluk-Nya pada malam Nisfu Sya'ban. Dan Allah Ta'ala mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali orang yang musyrik dan orang yang saling berdengki satu sama lain." (HR At-Thabrani dari Muadz bin Jabbal radhiallahu 'anhu).

Pada malam Nisfu Sya’ban umat Islam dianjurkan membaca Surah Yasin sebanyak tiga kali, berzikir, berdoa sebanyak-banyaknya hingga amalan baik lainnya karena buku amalan mereka (umat Islam) akan ditutup.

Dikutip dari laman alhabibahmadnoveljindan.org, Selasa (7/4/2020), Pengasuh Ponpes Al Hawthah Al Jindaniyah, Al-Habib Ahmad bin Novel Salim Jindan mengatakan, membaca Surah Yasin tiga kali dan zikir bersama-sama pada malam Nisfu Sya’ban merupakan perkara yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

"Malam nisfu sya’ban adalah malam yang mulia di sisi Allah Subhanahu wa ta’ala serta malam yang penuh dengan keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Banyak diriwayatkan dari hadits Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa aalihi wa shahbihi wasallam yang menyebutkan tentang keistimewaan dan kemuliaan malam nisfu syaban," kata Habib Jindan.

Lebih lanjut, membaca Surah Yasin pada malam tersebut memang sangat dianjurkan karena merupakan bagian dari ibadah saat waktu-waktu terakhir ditutupnya buku catatan lama dan akan diganti dengan yang baru.

"Sebagaimana juga pembacaan Surat Yasin tiga kali merupakan amal ibadah yang ketika membacanya dan kemudian bertawassul kepada Allah SWT dengan berkat pembacaan ayat suci Al-Qur’an, amal ibadah yang kita lakukan ini agar Allah memanjangkan umur," tuturnya.[]Sumber:okezone

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


Alamat:

Jalan Prof. Ali Hasjmy, No. 6, Desa Lamteh, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Kode Pos: 23118.

portalsatu.com © 2020 All Rights Reserved.