25 November 2017

Kabar Aceh Untuk Dunia


Apa yang Anda Perebutkan?

...

  • portalsatu.com
  • 18 October 2017 09:40 WIB

ADA kalimat indah yang disampaikan Khalifah Umar bin Abdul Aziz yang sangat menyentuh, selalu saya ingat dan renungkan.

Dalam bahasa saya, kalimatnya kira-kira dapat disingkat begini: "Orang yang sudah mati sangat menyesali dosa yang dilakukannya dan ketaatan yang tak dilakukannya. Sementara orang yang masih hidup berlomba melakukan dosa yang disesali oleh orang yang sudah mati dan merasa tenang melalaikan ketaatan yang disesali oleh orang yang sudah meninggal itu."

Rupanya, menjadi sadar itu sungguh sulit. Apakah harus menunggu mati untuk sadar? Sementara kematian itu tak memungkinkan kita kembali lagi ke dunia. Sering-seringlah datang ke kuburan untuk mengambil pelajaran dari mereka yang sudah mati. Jangan hanya belajar pada orang hidup. Orang hidup itu kadang terlalu sibuk memperebutkan sesuatu dalam hidupnya.

Apa yang harus selalu diperebutkan? Semua sudah diatur Allah, semua sudah ditentukan oleh Allah. Berupayalah dan bekerjalah namun jangan berebut sampai saling hujat dan saling bunuh. Tak akan ke mana jika sesuatu itu ditakdirkan untuk kita.

Fokuslah mengurangi kegiatan yang kira-kira akan membuat kita menyesal pasca-kematian nanti. Fokuslah menambah kegiatan yang sekiranya akan membuat kita tenang dan damai pasca kematian kita kelak. Kapan kita akan mati ya? Salam, AIM..[]Sumber:inilah

Editor: THAYEB LOH ANGEN


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.