18 July 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Bahaya Sikap Zhalim

...

  • portalsatu.com
  • 11 July 2019 08:00 WIB


Kata "zhalim" semakna dengan kata "gelap". Kemudian diserap ke dalam bahasa Indonesia dengan kata "zhalim" juga. Kata itupun berlawanan dengan kata "adil".

Jadi kata "zhalim" merupakan sikap yang melampaui batas, tidak lurus dan menimbulkan kerusakan atau kerugian. Sikap zhalim yang paling tinggi adalah ketika manusia mendengar seruan syaitan untuk menolak Tuhan Allah (bersikap kafir, menutupi fakta),yang pada akhirnya menyebabkan keduanya masuk ke dalam neraka.

Dalam literatur Hadis disebutkan bahwa kezhaliman merupakan kegelapan di hari kiamat. Disebutkan pula bahwa kita dilarang saling membahayakan. Bahkan yang berlapang dada hendaknya memaafkan saudaranya setiap hari, betapa indahnya bila kita dapat saling mengerti, memaafkan dan menghindar dari sikap zhalim. 

Dalam konteks sosial, setiap pribadi muslim untuk dapat menolong saudaranya agar terhindar dari sikap zhalim. Jadi bukan hanya menjaga diri agar tidak menzhalimi orang lain dengan lisan dan tangan kita, tapi juga mengupayakan jalan agar orang lain tidak (difasilitasi) berbuat zhalim.

Sedangkan dalam relasi lembaga sosial, misal dalam struktur pemerintah, juga dituntut menjauhi sikap zhalim. Baik dari segi kebijakan politik, ekonomi dan kebudayaan. Bentuk kezhaliman dalam interaksi ekonomi kita yang paling menonjol adalah perilaku ribawi, sikap curang dalam jual beli dan sejenisnya. Suatu fakta dimana ribawi tidak hanya menghalau berkah tapi juga melemahkan struktur masyarakat: hanya menguatkan yang kuat.

Adapun cara menghindari sikap zhalim bisa dimulai dari memelihara sikap taat, menunaikan kewajiban agama, menjaga hak keluarga dan tetangga serta menggunakan segenap kapasitas untuk membangun keadilan, sebab adil itu dekat dengan Taqwa.

Wallahu A'lam.[]


Taufik Sentana
Praktsi Pendidikan Islam.

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.