26 June 2019

Kabar Aceh Untuk Dunia


Belajar Menjadi Tua

...

  • portalsatu.com
  • 14 June 2019 09:00 WIB

@Safebee
@Safebee

 

Taufik Sentana
Ikatan Dai Indonesia. Kabupaten Aceh Barat.


Secara biologis menjadi tua hanyalah ritme alami, dan begitulah "cara Allah Bekerja" menunjukkan ayat kauniNya lewat proses alamiah, tepatnya sunnatullah (ketatapan Allah dalam sistem semesta).

Menurut penelitian tertentu fase ini menjadi fase yang rentan, karena semakin menurunnya kadar  kemampuan tubuh dan mental. Bahkan sampai pada kepikunan dan kelumpuhan dengan berbagai sebab. Juga dikatakan rentan karena si yang "menjadi tua" tadi merasa terasing, sepi dan diabaikan. Maka dalam akhlaq Islam, kedua orang tua yang lemah ini sebaiknya dalam pengasuhan"/jangkauan anaknya. Karena lazimnya si anaklah yang memiliki ikatan batin kepada kedua orang tua tadi. Sehingga dalam keadaan apapun, si anak tetap berdoa" Yaa Rabb, ampuni dan rahmatilah keduanya".

Di samping menjadi tua secara kodarati, menjadi tua juga bagian dari fase menjadi sempurna dalam menjalani dan menghayati hidup. Dalam diri mereka yang menjadi tua terangkum semua peristiwa, pengertian dan hikmah/kebijaksanaan. Alquran memberi arahan bahwa hendaklah kita memikirkan proses menjadi tua tersebut. Ketika melihat orang sudah tua, kita langsung terpikir bahwa kita belum tentu sampai pada usia tersebut, dan kita perlu belajar dan mengambil hikmah dalam memasuki fase tersebut.

Di masyarakat kita perlu digalakkan pola sadar terhadap lansia atau semacamnya, dengan rangkaian program terencana guna tetap melayani para orang tua (lansia) berdasarkan kebutuhan dan kapasitas mereka, serta memberdayakan potensi dasar mereka yang masih relevan, seperti bercerita, bercocok tanam atau bahkan berwisata. Panti panti sosial mesti dapat berbenah dengan serangkaian program yang lebih dinamis dan penuh makna dalam membangkitkan semangat hidup para lansia yang ada dalam pengawasan pihak panti/pemerintah.

Selebihnya, ada doa yang baik diamalkan saat memasuki fase awal menjadi tua, di usia 40an. Doa ini tertera dalam surat Al Ahqaf. Sekaligus menunjukkan sikap spitualitas yang mesti dibangun dalam usia tua:

"Ya, Tuhanku. Berilah aku Ilham untuk bersyukur atas nikmatMu dan atas kedua orangtuaku, serta mampukan aku untuk bermal salih. Perbaikilah keadaan keluargaku (Engkaulah Penjamin keluargaku).Sesungguhnya aku kembali (taubat) kepadaMu dan aku sebagai muslim, berserah diri padaMu)".[]

Editor: portalsatu.com

Berita Terkait


portalsatu.com © 2017 All Rights Reserved.